KEHIDUPAN ROH YANG SEMAKIN BERTUMBUH KUAT [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Daniel 11-12
Yudas

BACAAN HARI INI
Mazmur 143:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 143:10 Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!

Joy dan Jill ada di sekolah serta kelas yang sama. Keduanya bersahabat, tetapi memiliki kakakter yang berbeda. Joy adalah anak yang tekun, taat, dan dengar-dengaran akan petunjuk gurunya. Sementara Jill sering sengaja menunda, bahkan memilih-milih mana petunjuk dari gurunya untuk dilakukan. Apa yang tidak sesuai dengan apa yang ia mau, membuatnya tidak nyaman sebab ia harus berjuang lebih sehingga Jill lebih memilih untuk tidak melakukannya. Saat Joy menasihatinya, Jill selalu berkata tidak apa-apa, toh nilainya masih bisa diterima.

Lalu ujian nasional pun tiba. Ujian itu akan menentukan kelulusan sekaligus kesempatan untuk mendapat beasiswa. Tak disangka, selama ini sang guru diam-diam memperhatikan perilaku Joy dan Jill. Ia memutuskan untuk mengajak Joy berbicara secara pribadi karena ia menilainya lebih mau mendengar dan menerapkan petunjuk darinya. Guru itu memberikan tips jitu cara belajar yang benar, supaya Joy bisa lebih siap menghadapi ujian nasional. Singkat cerita, yang lulus dengan nilai terbaik dan mendapatkan beasiswa pun bisa ditebak. Tentu saja Joy! Semua itu diperolehnya karena ia tekun meresponi petunjuk dari gurunya dan setia menjalankannya. Karakternya dipandang lebih berbobot dibandingkan dengan Jill.

Mari kita aplikasikan dalam kehidupan kita ilustrasi di atas. Terhadap setiap firman yang disampaikan, apakah kita adalah Joy yang langsung meresponi dan menjadi pelaku firman, atau seperti Jill yang pilih-pilih bahkan sering kali mengabaikan firman karena merasa memiliki pemikiran yang lebih baik? Hari ini, Tuhan mengingatkan kita semua, apa pun petunjuk firman yang disampaikan, mari responi dengan sekuat tenaga. Mungkin butuh bayar harga, kita repot melakukannya, sulit, atau kita punya pemikiran dan pendapat sendiri, tetapi percayalah, tuhan tidak pernah salah. Justru ketika kita siap sedia dengan penuh kepercayaan berusaha dengan keras meresponi firman, hidup kita akan dipandang berbobot di hadapan-Nya dan kita akan semakin masuk dalam perkenanan-Nya. Haleluya!

RENUNGAN
Semakin banyak kita MERESPONI FIRMAN, semakin BERTUMBUH KUAT kehidupan rohani kita.

APLIKASI
1. Bagaimanakah cara Anda meresponi setiap firman rhema yang Anda dapatkan setiap harinya?
2. Adakah yang harus Anda perbaiki/tingkatkan dari sikap Anda saat firman Tuhan disampaikan?
3. Menurut Anda, hal apakah yang akan Anda dapatkan jika Anda lebih sungguh merespon firman dengan benar? Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas setiap petunjuk firman rhema yang Engkau selalu berikan bagi kami. Ampuni kami jika sering kali kami masih setengah-setengah, bahkan memilih untuk tidak melakukannya. Berikan kami kekuatan ya Tuhan, karena kami mau memperbaharui komitmen kami untuk lebih sungguh lagi menjadi pelaku firman-Mu, supaya hidup kami semakin menyenangkan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”