PENYEBAB HILANGNYA PENGHARAPAN DALAM HIDUP (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 79-80
Roma 11:1-18

RHEMA HARI INI
Amsal 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

Sudah satu tahun lebih sejak pandemi melanda dunia. Begitu banyak sektor kehidupan yang terdampak. Tidak sedikit pengusaha yang memutuskan untuk menutup usahanya karena tidak mampu lagi membayar biaya operasional. Banyak karyawan yang dirumahkan, sehingga banyak keluarga kehilangan sumber penghasilan. Tidak heran jika banyak orang merasa putus asa, hilang pengharapan, dan sering kali memutuskan untuk menyerah. Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya saat Tuhan mengizinkan keadaan buruk terjadi, Dia sedang menguji kita.

Dampak pandemi juga dialami oleh Dewi, salah satu karyawan hotel ternama. Setelah beberapa hari COVID-19 masuk ke Indonesia, hotel tempat ia bekerja memutuskan untuk mengurangi karyawan dan ia menjadi salah satu karyawan yang dirumahkan. Sejak itu, Dewi lebih banyak menghabiskan waktu di kamar saja. Hingga suatu hari, ia merasa bahwa hidupnya tersia-siakan jika ia terus seperti itu. Berbekal kemampuan selama bekerja di hotel, ia memberanikan diri untuk membuka warung makan. Berawal hanya dari memasang iklan di status WhatsApp, ia mulai menerima satu atau dua pesanan, sekarang ia bisa menjual sekitar 80 paket makanan dalam satu hari. Bahkan kini, penghasilannya lebih besar dari gajinya dahulu.

Mungkin banyak di antara kita sedang mengalami seperti apa yang dialami Dewi. Dalam situasi tersebut, terkadang kita langsung hilang pengharapan dan merasa Tuhan tidak adil. Namun, di tengah keadaan terburuk yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita, sesungguhnya Dia rindu agar kita mengandalkan-Nya dan memutuskan menjalani setiap proses bersama-Nya. Banyak orang yang pada akhirnya hilang pengharapan, karena ia memilih menjalani proses dengan kekuatan mereka sendiri, bukan bersama Tuhan. Hargai kerinduan Tuhan ini dan mulai berani untuk ambil komitmen berserah dan mengandalkan Tuhan. Saat itulah, kita akan melihat bagaimana Tuhan membuka jalan bagi setiap permasalahan yang sedang kita hadapi. Bersama Yesus, kita akan selalu hidup dalam Perjanjian Damai dan damai akan selalu kita rasakan sekalipun dalam keadaan kurang baik. (LEW)

RENUNGAN
Banyak orang yang pada akhirnya KEHILANGAN PENGHARAPAN jika TIDAK MENJALANI PROSES BERSAMA Yesus.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda merasa kehilangan pengharapan dalam hidup Anda? Mengapa demikan?
2. Menurut Anda, mengapa sangat penting bagi kita untuk menjalani setiap proses kehidupan bersama Yesus?
3. Apa komitmen Anda agar sepanjang hidup Anda tidak pernah kehilangan pengharapan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, dalam setiap bagian perjalanan kehidupan kami, kami mau menjalani prosesnya bersama-Mu. Roh Kudus, senantiasa ingatkan kami untuk terus berjalan bersama Tuhan, sehingga kami tidak kehilangan pengharapan dalam kondisi apa pun. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”