CARA UNTUK HIDUP TENANG, DAMAI DAN PENUH SUKACITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 13-15
Kisah Para Rasul 19:21-41

RHEMA HARI INI
1 Raja-raja 2:3 Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju,

Hari itu Yeli sangat bergembira. Paket penydot debu yang sudah berhari-hari ia tunggu, akhirnya datang juga. Dengan penuh semangat, ia segera membuka paket tersebut. Ya, ia memang membutuhkan alat tersebut karena biasanya, setiap seminggu dua kali Yeli selalu memanggil orang untuk membersihkan rumahnya. Namun, karena saat ini sedang masa pandemi, sebisa mungkin ia mengurangi interaksi dengan orang luar, salah satunya dengan membersihkan rumahnya sendiri. Oleh karena itu, ia pun memutuskan untuk membeli alat penyedot debu tersebut untuk memudahkannya dalam membersihkan rumah sendiri di tengah kesibukannya dalam bekerja.

Selama hampir satu jam, Yeli sibuk mencoba mengutak-atik mesin penyedot debu barunya. Ia sudah mencari buku instruksi di dalam kardusnya, tetapi tidak menemukannya. Sehingga ia mencoba memasang setiap bagian-bagian mesin menurut pemahamannya sendiri, tetapi selalu saja ada beberapa bagian yang tidak pas. Setelah beberapa lama, ia mulai merasa kesal dan tidak sabar, sukacitanya pun perlahan mulai lenyap. Namun, tiba-tiba saja ia dihubungi oleh toko penyedot debu tersebut dan memfotokan buku instruksinya yang ternyata tertinggal di toko. Akhirnya, dengan mengikuti setiap instruksi yang ada di buku, ia berhasil memasang alat tersebut tanpa kesulitan apa pun.

Tidak jauh berbeda dengan alat penyedot debu tersebut, dalam menjalani hidup, kita pun juga membutuhkan yang namanya instruksi. Jika merakit sebuah benda mati dan tanpa instruksi yang jelas saja dapat berujung pada kegagalan, terlebih dengan kehidupan kita. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan instruksi dari Tuhan. Rancangan Tuhan yang begitu istimewa atas hidup kita pasti akan tergenapi ketika kita mengikuti instruksi-Nya. Marilah kita belajar untuk taat dan setia dalam mengikuti setiap instruksi yang Tuhan berikan. Sehingga tidak hanya keberhasilan yang kita dapatkan, tetapi juga masa depan dan hidup yang tenang, damai, dan penuh dengan sukacita.

RENUNGAN
Belajar untuk MENGIKUTI setiap INSTRUKSI TUHAN supaya kita menikmati hidup yang TENANG, DAMAI, dan PENUH SUKACITA.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk mengikuti setiap instruksi dari Tuhan?
2. Sudahkah Anda meminta instruksi dari Tuhan dalam menjalankan keseharian hidup Anda? Jika belum, mengapa demikian?
3. Apa pengalaman Anda ketika mengikuti instruksi dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Roh Kudus, pimpinlah setiap langkah kami. Senantiasa bimbing dan tuntun kami, agar kami selalu berada di jalan yang benar bersama-Mu. Buka hati, telinga, dan mata kami, supaya kami semakin peka mendengar dan memahami instruksi yang dari pada-Mu. Sehingga masa depan yang penuh keberhasilan dan damai sejahtera bisa kami dapatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”