RAHASIA MEMILIKI KETAHANAN KESEHATAN [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 41-42
1 Tesalonika 1

BACAAN HARI INI
Efesus 5:22-33

RHEMA HARI INI
Efesus 5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Selama lockdown, Christiano Ronaldo meninggalkan Juventus dan mengisolasi diri di sebuah pulau pribadi miliknya di Portugal. Bukan hanya menghabiskan waktu dengan liburan, di situ ia tetap melakukan latihan fisik dengan ketat. Selain melatih ketahanan otot, Ronaldo juga terus melatih daya tahan tubuh serta menjaga pola makan dengan sangat baik. Menurutnya, dalam setiap latihan rutin, sangatlah penting untuk menjaga level energi tetap tinggi. Sebab hal itu akan menghasilkan bahan bakar tubuh untuk mencapai performa yang lebih baik.

Paulus menjelaskan bahwa kasih Kristus adalah dasar hidup suami isteri melalui suratnya kepada jemaat Efesus. Meski konteks surat ini adalah mengenai kehidupan rumah tangga, tetapi ada satu prinsip yang dapat kita ambil tentang sikap dalam merawat tubuh dan kesehatan kita. Dalam bagian surat itu, ia menuliskan tentang orang yang mengasihi tubuh pasti akan mengasuh dan merawatnya dengan baik. Sebab tidak ada orang yang ingin menjadi sakit.

Hari-hari ini, untuk melindungi diri dari pandemi COVID-19, memakai masker, rajin mencuci tangan, dan melakukan social distancing adalah hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Namun, semua hal itu tidak akan maksimal hasilnya bila tidak dibarengi dengan usaha untuk membangun daya tahan tubuh kita masing-masing. Seperti halnya Ronaldo yang tetap giat berlatih menjaga kondisi tubuh di tengah kondisi pandemi ini, marilah kita juga mulai tingkatkan ketahanan kesehatan jasmani kita semaksimal mungkin. Caranya bisa dimulai dengan makan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin. Kita juga harus mengurangi karbohidrat dan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat. Lakukan juga olahraga rutin dan teratur supaya jasmani kita tetap bugar, sehat, dan bersemangat. Saat ketahanan kesehatan kita terbangun dan menjadi kuat, kita bukan hanya bisa melewati pandemi ini dengan selamat, tetapi juga dipakai Tuhan untuk melakukan perkara-perkara besar di tengah-tengah situasi yang mencekam dunia saat ini.

RENUNGAN
Salah satu rahasia memiliki KETAHANAN KESEHATAN adalah menjaga KESEHATAN TUBUH SECARA JASMANI.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menjaga kesehatan tubuh Anda secara jasmani? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda secara jasmani?
3. Bagaimana Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda secara jasmani?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami percaya Engkau peduli pada hidup dan kesehatan kami. Engkaulah Tuhan yang sanggup menjaga kami, tetapi kami tidak ingin hidup dengan sembrono. Beri kami hikmat dan petunjuk-Mu, agar kami bisa membangun ketahanan kesehatan yang prima dan bisa Engkau pakai untuk menerangi kegelapan di sekitar kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”