SALAH SATU KUNCI MENJADI IMAM BAGI KELUARGA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 43-44
1 Tesalonika 2

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

“Faith Like Potatoes” adalah film yang berdasarkan kisah nyata seorang petani dan penginjil, Angus Buchan. Pria berkulit putih yang tinggal bersama keluarganya di Afrika Selatan. Angus awalnya adalah seorang yang temperamen dan pemabuk. Emosinya gampang meledak. Hal ini menyebabkan kehidupan keluarganya menjadi terancam dan berada di ambang kehancuran. Suatu hari, Angus diajak ke gereja oleh kerabatnya dan walaupun enggan, akhirnya ia memutuskan pergi bersama keluarganya. Di sana, Angus mendengar sebuah kesaksian dari seorang petani yang hidupnya berubah setelah mengenal Yesus. Saat itu juga, ia memutuskan untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadinya.

Pertolongan Roh Kudus membuat kehidupan Angus berubah total. Ia begitu haus akan firman Tuhan dan menjalani hidupnya dengan sudut pandang yang baru, yaitu sudut pandang Kristus. Situasi keluarganya pun pulih dan banyak mujizat yang dialaminya. Angus bahkan mampu merintis budi daya kentang di daerah Kwala-Zulu, Natal, Afrika Selatan yang tandus. Walaupun awalnya banyak yang mencemooh Angus yang nekat menanam kentang di lahan yang gersang, tetapi ia tetap mengimani bahwa tanaman kentangnya pasti berhasil. Alhasil, tanaman kentangnya tumbuh subur. Angus pun menjadi petani kentang yang sukses. Di tengah keluarga, Angus juga mampu menjadi imam dan pemimpin yang baik bagi istri serta anak-anaknya. Setelah itu, ia mulai membagikan kesaksiannya, menginjili penduduk Afrika, dan memenangkan banyak jiwa bagi Kristus.

Kisah Angus Buchan memberikan teladan bahwa pertolongan Roh Kudus adalah kunci untuk menjadikan kita imam di tengah-tengah keluarga. Tanpa adanya kuasa Roh Kudus, mustahil kita dapat membawa keluarga kita ke arah yang lebih baik. Karena itu, apa pun yang tengah terjadi dalam kehidupan keluarga kita, datanglah kepada Yesus. Mintalah kepada-Nya agar hidup kita dijamah oleh Roh Kudus. Serahkan keluarga kita kepada Yesus. Biarkan Dia yang menjadi nahkoda bagi bahtera keluarga kita dan rasakan pemulihan, pertolongan, dan mujizat-Nya. Amin.

RENUNGAN
Salah satu KUNCI menjadi imam bagi keluarga adalah PERTOLONGAN ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Bagaimana keadaan keluarga Anda saat ini? Jika kondisi keluarga Anda terpuruk, apa yang Anda lakukan?
2. Apakah Anda sudah merasa menjadi pemimpin yang baik bagi keluarga Anda? Mengapa demikian?
3. Bagaimana Anda dapat meminta pertolongan Roh Kudus untuk memulihkan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur atas kasih-Mu sehingga Engkau memberikan kuasa Roh Kudus bagi kami. Tuhan Yesus kami mau agar Engkau menjamah hidup kami melalui kuasa-Mu. Jamah dan ubah hidup kami, ya Tuhan. Dengan Pertolongan Roh Kudus, mampukan kami menjadi imam dan pemimpin bagi keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”