CARA UNTUK TIDAK TENGGELAM DALAM BEBAN YANG BERLEBIHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 36-38
Matius 10:21-42

RHEMA HARI INI
Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Alkisah di sebuah kerajaan, hiduplah seorang putri raja yang tidak pernah membuang barang-barangnya, sekalipun sudah tidak pernah lagi dipakainya. Ketika usianya sudah delapan belas tahun, mainannya saat ia berumur lima tahun pun masih disimpannya semua. Tak ayal, kamarnya sangat penuh dengan tumpukan barang-barang. Putri itu tidak pernah mengizinkan dayang-dayangnya atau bahkan orangtuanya untuk membuang satu benda pun dari kamarnya. Ia ingin menyimpan semuanya sebagai kenang-kenangan.

Suatu hari, sang raja mau memindahkan istananya ke sebuah kota yang baru saja diambil alih olehnya. Mau tak mau, si putri juga harus ikut berpindah. Namun karena tidak rela meninggalkan semua barang-barangnya, ia pun bersikeras membawa serta semuanya. Awalnya, kapal yang dinaiki keluarga kerajaan itu dapat berlayar dengan baik. Akan tetapi, di tengah perjalanan, saat ombak yang besar menerjang dan air mulai masuk, kapal itu mulai oleng. Dengan sigap, kapten kapal segera memerintahkan seluruh awaknya untuk membuang ke laut segala benda-benda yang tidak penting untuk mengurangi muatan kapal supaya kapal itu tidak tenggelam. Setelah sekian banyak peti barang-barang dilempar ke laut, perlahan kapal itu pun mulai stabil sehingga dapat berlayar kembali dengan aman.

Kalau kita renungkan kisah di atas, terkadang kita juga sama seperti putri itu. Banyak dari kita yang menjalani hidup dengan membawa berbagai luka lama. Kepahitan, kekecewaan, kesedihan, dan trauma dari masa lalu masih saja kita simpan dan mengikuti kita ke mana-mana. Tanpa kita sadari, situasi tersebut perlahan-lahan menenggelamkan kita dan menghalangi kita untuk mencapai tujuan hidup dari Tuhan. Oleh sebab itu, Tuhan ingin kita menanggalkan segala beban dan dosa yang merintangi kita. Karena ini adalah waktunya kita untuk bangkit. Berhentilah menatap masa lalu dan layangkanlah padangan kita hanya kepada Tuhan. Serahkan segala beban yang begitu meletihkan hati kita, sehingga Tuhan dapat melepaskan kita dari segala beban-beban yang tidak perlu dan tidak ada lagi yang bisa menenggelamkan hidup kita.

RENUNGAN
Jangan sampai hidup kita TENGGELAM karena BEBAN YANG BERLEBIHAN.

APLIKASI
1. Adakah beban dan dosa yang selama ini menghimpit Anda?
2. Menurut Anda, hal apa yang membuat kita sulit menanggalkan segala beban dalam hidup kita?
3. Apakah komitmen yang akan Anda buat untuk menanggalkan segala beban dan dosa itu? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih atas firman-Mu yang telah menyadarkan kami. Mampukan kami, ya Tuhan, supaya kami dapat menanggalkan segala beban yang selama ini menghimpit kami. Kami percaya bahwa bersama dengan-Mu kami bisa melewati semuanya. Kami tidak akan menjadi tenggelam, tetapi sebaliknya kami akan bangkit bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”