MEMBANGUN KEMBALI BERSAMA YESUS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Imamat 17-18
Matius 27:27-50

BACAAN HARI INI
Yehezkiel 36:17-36

RHEMA HARI INI
Yehezkiel 36:36 Dan bangsa-bangsa yang tertinggal, yang ada di sekitarmu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang membangun kembali yang sudah musnah dan menanami kembali yang sudah tandus. Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan akan membuatnya.

Panas dan gersang. Hujan yang jarang turun dan udara yang memanggang. Belum lagi permukaan pasir yang mudah terbawa angin. Rasanya tidak mungkin mengharapkan hasil panen dari padang gurun. Gawatnya, lautan pasir itu mengembang, perlahan-lahan melahap dataran di sekitarnya. Berbagai upaya pun dilakukan untuk melawan penggurunan ini. Begitu pula di Zhongwei, Tiongkok. Sungguh perjuangan yang tampaknya mustahil. Namun, pada tahun 1957 ditemukan sebuah metode penahan angin. Mereka membangun petak-petak dari jerami seukuran 1 x 1 meter. Metode ini berhasil untuk menahan tumpukan pasir di tempatnya, sehingga lapisan tanah bisa terbentuk dan tanaman pun bertumbuh. Kini, gurun tandus di Zhongwei dan daerah-daerah lain di Tiongkok telah berubah rupa menjadi hamparan lavender, perkebunan anggur, apel, jagung, dan puluhan hasil bumi lainnya. Semua itu berkat para pekerja gurun dan peneliti yang mau bangkit untuk memperbaiki keadaan.

Saat ini, keadaan kita mungkin seperti padang pasir Zhongwei beberapa dekade yang lalu. Gersang, tandus, tak ada yang bisa dhasilkan, penuh kegagalan, dan ditinggalkan orang-orang. Namun, kalau Tuhan bisa memberikan hikmat dan anugerah sedemkian rupa bagi orang dunia sehingga padang tandus bisa berubah menjadi ladang subur, terlebih lagi yang akan dilakukan-Nya bagi anak-anak-Nya.

Percayalah, Tuhan punya tujuan yang lebih mulia atas semua yang diizinkan-Nya terjadi. Sama seperti bangsa Israel yang terusir dari Tanah Perjanjian, semua itu Tuhan lakukan untuk menjauhkan hati yang keras dan memberikan roh yang baru, bahkan Roh-Nya sendiri, kepada kita (ay.26-27). Ya, Tuhan sedang memurnikan kita (ay.25). Dia ingin mematikan roh kita yang lama, yang penuh dengan keduniawian, dan membangunkan roh yang baru. Saat pekerjaan-Nya dalam kita sempurna, Tuhan pun akan memulihkan keadaan kita. Bagian kita adalah bangkit dan membangun kembali bersama Tuhan, maka kita akan melihat pelangi kemuliaan-Nya terbit atas kita. (MV.L)

RENUNGAN
Seburuk apa pun keadaan yang ada, TIDAK ADA YANG TIDAK BISA DIPERBAIKI bersama Yesus.

APLIKASI
1. Kondisi buruk apakah yang saat ini tengah Anda alami?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan mengizinkan semua itu terjadi kepada Anda?
3. Apakah yang bisa Anda lakukan untuk bangkit bersama Tuhan dan memperbaiki keadaan bersama-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur sebab hidup kami aman dalam tangan-Mu. Tak peduli seburuk apa pun situasi dan kondisi yang kami alami, kami percaya Engkau punya rencana. Murnikan hati kami Tuhan, beri kami hati dan roh yang baru, yang mau taat pada instruksi apa pun yang Engkau berikan. Beri kami kekuatan, agar kami bisa bangkit dan membangun kembali hidup kami bersama-Mu, seturut kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

<hr />

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!