Bergerak Sesuai Komando Roh Kudus [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 97-99
Roma 16

BACAAN HARI INI

Yohanes 16:13-14

RHEMA HARI INI

Yohanes 16:13a Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;

Perjalanan Israel di bawah pimpinan Yosua saat memasuki Tanah Kanaan sungguh sangat dahsyat. Kemenangan demi kemenangan mereka peroleh karena Yosua selalu bergerak atas petunjuk Tuhan dengan tepat. Tidak heran nama Israel dikenal dan ditakuti di sana. Itu sebabnya, salah satu bangsa yang tinggal di Kanaan, yaitu bangsa Gibeon, berusaha memperdaya Israel dengan mengatakan bahwa mereka bukan penduduk Kanaan, tetapi dari negeri yang jauh yang datang untuk meminta perlindungan. Dan Alkitab mencatat, TANPA PERSETUJUAN TUHAN, ISRAEL MENGIKAT PERJANJIAN DENGAN GIBEON untuk melindungi mereka dari musuh-musuhnya. Ketika didengar oleh seluruh penduduk Kanaan bahwa Gibeon sudah mengikat perjanjian dengan Israel, lima raja yang ada di Kanaan pun bergabung untuk membinasakan Gibeon. Karena perjanjian itulah, Israel harus menanggung akibatnya. Mereka harus berperang menghadapi ke-5 raja itu.

Sebuah peperangan yang tidak mudah bagi Yosua dan Israel kala itu. Mereka nyaris kalah, walau pada akhirnya Tuhan tetap menolong mereka. Namun sebagai akibat dari perjanjian itu, Israel tidak bisa membasmi Gibeon seperti yang telah diperintahkan Tuhan sebelum mereka menginjakkan kaki di Kanaan. Sungguh tindakan gegabah yang mengakibatkan mereka mendapatkan masalah besar di masa depan.

Seberapa seringnya kita pun melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh bangsa Israel. Bertindak dan mengambil keputusan tanpa melibatkan Tuhan, tanpa mendapatkan instruksi apa-apa dari Tuhan. Mungkin dalam usaha, memilih pasangan hidup, pekerjaan apa yang akan diambil, dan lain sebagainya. Sadarkah bahwa hikmat kita terbatas dan sangat mungkin salah dalam bertindak? Di sinilah kita butuh Tuhan, Sang Sumber Hikmat, Allah yang Maha Tahu, Penasehat Ajaib, dan Sumber Jawaban. Petunjuk-Nya akan membawa kita pada kebenaran. Jika kita berjalan dalam kebenaran, kita akan berjuang bersama-Nya dan akan bisa berkata, “Jika Allah di pihak kita, siapakah lawan kita?” Dan kemenangan, sudah pasti akan menyertai langkah-langkah hidup kita. Haleluya! (L.A.)

RENUNGAN

Biarlah SETIAP LANGKAH HIDUP dan KEPUTUSAN yang kita ambil, semuanya adalah hasil BIMBINGAN dan KOMANDO dari ROH KUDUS.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda selalu melibatkan Tuhan dalam setiap pengambilan keputusan yang Anda lakukan? Mengapa demikian?
2. Pernahkah Anda kesulitan mendengar/mentaati petunjuk Tuhan yang harus Anda lakukan?
3. Apakah komitmen Anda untuk Anda lakukan supaya Anda HANYA BERGERAK berdasarkan apa kata Tuhan? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, Panglima Besar kami, terima kasih atas kesetiaan-Mu menyertai kami dalam setiap perjalanan hidup ini. Ajarkan kami untuk peka dan mau taat atas apa pun petunjuk yang Engkau berikan bagi kami. Sungguh kami memerlukan Engkau, ya Tuhan, untuk terus membimbing kami sehingga kemenangan terus dinyatakan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”