HUKUM YANG TERBESAR ADALAH KASIH (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 1-3
Markus 16

RHEMA HARI INI
1 Korintus 13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih

Masa yang paling penuh tantangan bagi seorang ibu adalah ketika bayinya baru lahir. Terlebih jika tidak ada pengasuh atau babysitter yang membantu. Dalam kondisi yang belum pulih sepenuhnya, seorang ibu harus rela bangun berkali-kali di malam hari untuk memberi bayinya susu atau mengganti popoknya yang basah. Selagi menikmati makan, sang ibu diperhadapkan dengan bayinya yang buang air besar dan menangis karena merasa tidak nyaman. Mau tak mau, ia harus meninggalkan makanannya dan membersihkan bayi kecilnya. Belum lagi bila bayinya sedang tidak enak badan, pilek, atau baru saja menerima vaksin, sang ibu harus mempersiapkan diri untuk siaga dan kemungkinan menggendong lama sampai bayinya tertidur. Bisa dibilang, satu tahun pertama adalah masa ketika tidur nyenyak dan istirahat adalah suatu hal yang eksklusif nan mahal yang diidamkan setiap ibu.

Namun demikian, tidak ada seorang pun ibu yang tidak rela berkorban bagi bayinya. Ketika menatap bayinya yang sedang tertidur lelap, perasaan kasih yang begitu besar menguasai segenap hati sehingga semua susah payah terasa layak untuk diperjuangkan. Seulas senyum manis dan gelak lucu sang bayi, membuat semua perasaan lelah, bahkan kesusahan, hilang sirna tak berbekas. Hanya ada kebahagiaan dan perasaan kasih yang lebih lagi di hati sang ibu.

Ada banyak hukum dan perintah Tuhan kita temukan di dalam Alkitab, tetapi yang terbesar adalah KASIH. Bukan tanpa alasan Tuhan menempatkan kasih sebagai hukum yang terutama dan pertama. Sebab hidup sebagai anak-anak Tuhan tidak berhenti sampai pada menerima keselamatan. Ada begitu banyak hal yang memerlukan perjuangan berat ketika kita mau menjadi pelaku firman. Tanpa kasih, kita tidak akan bisa melaluinya, sebab kasihlah yang akan memberi kita kekuatan yang luar biasa untuk taat, meninggalkan dosa, maju melayani Tuhan, dan berkorban bagi Tuhan. Hati yang mengasihi Tuhan dengan segenap akan memampukan kita untuk melakukan semua seturut firman Tuhan, membuat Tuhan tersenyum, dan melimpahi kita dengan berkat kasih-Nya yang luar biasa. (PF)

RENUNGAN
Yang TERBESAR adalah KASIH.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa KASIH adalah yang terbesar?
2. Apa saja yang mau Anda perbuat jika Anda begitu mengasihi seseorang?
3. Apa dampaknya bagi kerohanian Anda ketika hati Anda mengasihi Tuhan dengan segenap?
DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah mengajarkan kepada kami tentang pentingnya memiliki hati yang mengasihi Engkau dengan segenap. Biarlah hari demi hari, kasih kami kepada-Mu semakin dalam dan memampukan kami untuk melakukan kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”