KETERBATASAN BUKAN HALANGAN UNTUK MEMENANGKAN JIWA (PAGI)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 4-6
Lukas 1:1-20

BACAAN HARI INI
Matius 4:18-22

RHEMA HARI INI
Matius 4:19 Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Johny berusia 20-an tahun dan menderita down syndrome. Ia bekerja di sebuah toko retail besar yang sedang lesu penjualan. Suatu kali, ia mendengar ceramah motivasi yang mengatakan, “Pikirkanlah sesuatu yang bisa kalian berikan kepada pelanggan supaya mereka terdorong untuk membeli lagi.” Entah bagaimana, Johny terdorong untuk melakukan sesuatu. Tapi apa? Ia punya banyak keterbatasan. Tidak banyak yang bisa dilakukannya. Hingga suatu hari, ia menemukan ide untuk membuat kartu ‘Thought for the Day’, yang berisi kalimat motivasi sederhana.

Johny pun meminta bantuan ayahnya untuk membuat kartu-kartu kecil itu. Kemudian, setiap ia selesai mengemas barang, ia menyisipkan satu ‘Thought for the Day’ ke dalam kantong belanjaan pembeli yang membayar di meja kasir tempatnya bertugas. Sebulan kemudian, antrean pelanggan di kasir Johny bertugas panjangnya hampir tiga kali lipat dari meja kasir lainnya. Saat pembeli dipersilakan menuju meja kasir lainnya, mereka justru menolak karena ingin mendapatkan ‘Thought for the Day’ dari Johny. Yang membuat sang manajer lebih tersentuh adalah banyak pelanggan yang mengaku biasanya datang seminggu sekali, kini mampir beberapa kali dalam seminggu. Belum lagi mereka merekomendasikan kepada teman-teman lainnya untuk berbelanja di sana. Gerai retail itu pun jadi ramai, karena tindakan Johny yang memiliki down syndrome.

Itu adalah kisah nyata tentang bagaimana seorang yang memiliki keterbatasan pun bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Hal ini menunjukkan, tidak peduli sebanyak apa pun kekurangan dan keterbatasan yang kita miliki, Tuhan sanggup mem-backup kita dengan sempurna. Asal kita sungguh-sungguh mau ikut bergerak dalam kegerakan apostolik akhir zaman dari Tuhan. Jala kita tidak lagi hanya akan dipergunakan untuk menangkap ikan bagi diri kita sendiri, tetapi akan DIUBAH MENJADI JALA UNTUK MEMENANGKAN JIWA-JIWA. Dan kita akan lihat bagaimana Yesaya 60:22 digenapi dalam hidup kita: yang paling kecil akan memenangkan seribu, yang lemah akan menjadi bangsa yang kuat, bagi kemuliaan nama Tuhan. Haleluya!

RENUNGAN
Tuhan mau kita menjadi PENJALA JIWA.

APLIKASI
1. Menurut Anda, dapatkah Anda menjadi penjala manusia melalui pekerjaan, hubungan relasi yang Anda miliki, ataupun sosial media Anda?
2. Halangan apa yang Anda miliki untuk melakukan itu?
3. Bagaimana Anda akan mengatasi halangan-halangan yang Anda miliki dan mulai menjadi penjala manusia? Mintalah hikmat dari Tuhan dan tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tahu Engkau telah memanggil dan memilih kami untuk masuk dalam kegerakan-Mu menjadi penjala manusia. Mampukan kami dan berikan kami kekuatan, ya Tuhan, supaya kami bisa menjadikan semua aspek hidup kami sebagai sarana untuk membawa jiwa-jiwa kepada-Mu, menjadi penjala manusia bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”