MENGATASI PENYEBAB HILANGNYA KEPERCAYAAN DIRI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 12-13
Lukas 16

BACAAN HARI INI
Mazmur 147:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 147:3 Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;

Sungguh … indah. Maria tersenyum lebar di hadapan lukisan cat minyak yang dikerjakannya selama berhari-hari. Nilai A hampir bisa dipastikan. Dengan bersenandung di atas sepeda, ia berangkat sekolah. Namun di tengah jalan, ia kurang berhati-hati dan lukisannya jatuh ke jalanan. Untung hanya ada sedikit debu dan tanah yang menempel di sana. Masih bisa dibersihkan dengan air. Ia lalu melanjutkan perjalanannya dengan hati-hati. Tak disangka-sangka, saat sedang menyeberangi jembatan, ia terserempet sepeda lain dari belakang. Maria terjatuh dan lukisannya terlempar ke kali. Kali ini, lumpur hitam menutupi sebagian besar lukisan tersebut dan kerangka kayunya juga patah.

Sambil menahan tangisan, Maria pulang ke rumah. Tidak mungkin ia menunjukkan lukisan itu kepada guru dan teman-temannya lagi. Tentu saja ayah Maria kebingungan melihatnya pulang. Namun saat melihat lukisan Maria yang tidak lagi berbentuk, ia segera paham. Sementara anaknya mengurung diri di kamar, ia membersihkan semua lumpur dan kotoran yang menempel di lukisan, lalu mengeringkannya. Ia pun tidak lupa membuatkan kerangka kayu yang baru dan membingkainya. Kini lukisan itu bukan hanya terlihat baru kembali, tetapi juga lebih bernilai.

Seperti lukisan tersebut, awalnya Tuhan menciptakan gambar diri kita indah adanya. Kita pun menjalani hidup dengan ringan dan tanpa beban. Namun, dalam perjalanan hidup, kita menjumpai hal-hal yang merusak gambar diri kita. Mungkin kita mengalami kegagalan, dikhianati orang terpercaya, diperlakukan tidak baik, atau melakukan pelanggaran-pelanggaran yang ingin kita sembunyikan. Akhirnya, kepercayan diri kita hilang. Bahkan kita merasa kotor dan tidak layak. Satu-satunya cara untuk memulihkan gambar diri kita hanyalah dengan datang kepada Tuhan. Dengan kuasa darah-Nya, Dia akan membasuh segala kekotoran dalam hati kita. Dia pun akan memberikan kita kesembuhan total bagi batin kita, dan menggantikan kepercayaan diri kita yang hilang dengan percaya diri ilahi. (MV.L)

RENUNGAN
KEGAGALAN atau TRAUMA MASA LALU yang tidak segera diatasi dapat membuat kita KEHILANGAN kepercayaan diri.

APLIKASI
1. Kegagalan atau trauma masa lalu apakah yang sampai kini kerap menghalangi Anda untuk melangkah maju?
2. Mengapa Anda perlu segera mengatasi kegagalan dan trauma masa lalu Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mengatasi kegagalan dan trauma masa lalu Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, sungguh besar kasih setia-Mu atas kami. Tak peduli apa pun yang terjadi kepada kami, tak peduli kesalahan apa pun yang kami lakukan, kasih-Mu kepada kami tak berkurang sedikit pun. Engkau menerima kami apa adanya dan memulihkan kami, sehingga kami pun menjadi layak di hadapan-Mu dan layak Engkau pakai untuk kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!