MENIKMATI TERANG DI TENGAH KEGELAPAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 49-50
Matius 13:31-58

RHEMA HARI INI
Mazmur 112:4 Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil

Kejadian yang paling cocok menggambarkan situasi dunia saat ini adalah tulah ke-9 yang turun atas bangsa Mesir di zaman Musa. Alkitab mencatat gelap gulita meliputi seluruh tanah Mesir selama tiga hari (Kel. 10:21-23). Tidak ada orang yang dapat melihat temannya, juga tidak ada orang yang dapat bangun dari tempatnya selama itu. Akan tetapi, bagi orang Israel, ada terang di tempat kediamannya. Jelas ini adalah satu jenis terang yang supernatural dan secara khusus dikaruniakan Tuhan kepada umat-Nya.

Demikian pula bagi kita yang menurut firman Tuhan merupakan keturunan Abraham atau Israel rohani. Kita juga beroleh kasih karunia untuk tetap menikmati terang Tuhan dalam kondisi dunia yang gelap saat ini. Itulah yang gereja kita alami sejak tahun lalu. Dunia boleh ada dalam kegelapan, tetapi terang kemuliaan Tuhan justru terbit dalam hidup kita. Banyak jemaat yang bersaksi, justru di tengah kegelapan, dalam krisis dan pandemi, mereka mengalami mujizat yang tidak masuk akal. Itu sebabnya, ayat rhema hari ini menjadi jaminan bahwa kita, orang-orang yang dibenarkan dalam Kristus, bisa tetap berjalan maju dalam segala kondisi dan keadaan. Saat dunia ini sedang terang, atau remang-remang, bahkan gelap sekalipun, tetap saja kita bisa terus berjalan maju dalam rencana Tuhan.

Mari responi firman Tuhan ini dengan terus membangun Pondok Daud lebih sungguh-sungguh lagi dengan pertolongan Roh Kudus. Layangkan mata kepada Tuhan dan bangunlah hubungan pribadi yang dekat dengan-Nya. Maka kita akan menikmati terang Tuhan yang akan menuntun langkah kaki kita dalam kegelapan, sehingga hidup kita tidak bisa ditenggelamkan dan kita akan sampai pada rencana Tuhan yang penuh kemuliaan oleh kasih karunia-Nya!

RENUNGAN
Orang benar akan tetap MENIKMATI TERANG di tengah KEGELAPAN.

APLIKASI
1. Apa yang dapat membuat kita larut tenggelam dalam dunia yang gelap?
2. Menurut Anda, mengapa penting bagi kita untuk tetap menikmati terang di tengah kegelapan?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk dapat menerima terang di tengah kegelapan tersebut? Renungkan.

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa di sorga urapi mata rohani kami agar dapat melihat terang-Mu yang ajaib menyinari setiap langkah kami ke depan. Roh Kudus, tuntun kami untuk semakin mengenal dan bersekutu intim dengan-Mu. Sehingga, di mana pun kami berada, di tempat tergelap sekalipun, kami tetap dapat menikmati terang-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”