Memiliki Pergaulan Yang Erat Dengan Tuhan [REKA]

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 105-106
1 Korintus 3

BACAAN HARI INI

Keluaran 33:7-17

RHEMA HARI INI

Keluaran 33:11 Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Kita semua pasti memiliki setidaknya seorang teman atau sahabat dalam hidup kita. Sekalipun saat ini perkembangan alat komunikasi semakin pesat dan kita bisa berbicara dengan teman kita tanpa harus bertemu, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan kebersamaan saat bertatap muka. Untuk itu, kita pun sering mengagendakan pertemuan dengan teman kita secara langsung. Karena kita semua tahu, saat kita bertukar cerita dan tertawa bersama, kita merasakan sesuatu yang berbeda daripada sekedar berbicara melalui aplikasi chat. Kita akan merasakan kebersamaan, kedekatan, saling memperhatikan ekspresi wajah, memahami maksud serta isi hatinya saat bercerita, dan lain sebagainya.

Hubungan seperti itu juga terjadi antara Tuhan dengan Musa. Alkitab mencatat bahwa “Tuhan berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya.” Kita pun dapat membaca bahwa Musa adalah orang yang dipilih Allah untuk memimpin bangsa Israel. Dari tahun ke tahun, ia semakin memantabkan hati untuk terus mendekat kepada Tuhan. Bahkan ketika ia membangun kemah di luar perkemahan sebagai tempat bertemu dengan Tuhan, orang-orang hanya memilih untuk melihat dari kejauhan. Oleh karena itu, Musa digambarkan sebagai orang yang mendapat hak istimewa karena ia telah berbicara “berhadapan muka” dengan Tuhan seperti seorang teman.

Tidak berbeda dengan zaman Musa, saat ini pun Tuhan selalu rindu untuk membangun hubungan yang erat dengan kita. Melihat kehidupan saat ini yang semakin berat, ditambah dengan mandat membebaskan bangsa yang sudah Tuhan berikan, kita perlu memiliki pergaulan yang erat dengan Tuhan, baik itu melalui doa maupun firman Tuhan, sehingga kita tidak merasa sendiri dalam menjalani kehidupan. Kita bisa merasakan kedekatan dengan Tuhan dan kekuatan yang Tuhan berikan terasa begitu nyata. Jika kita tidak memiliki pergaulan yang erat dengan Tuhan, kita bisa menerima instruksi yang jelas dari Tuhan untuk menghadapi segala tantangan di hadapan kita. (rdf)

RENUNGAN

Miliki PERGAULAN YANG ERAT dengan Tuhan melalui DOA dan FIRMAN.

APLIKASI

1.    Bagaimanakah hubungan Anda dengan Tuhan selama ini?
2.    Mengapa Tuhan sangat rindu agar kita memiliki pergaulan yang erat dengan-Nya?
3.    Sudahkah Anda memiliki pergaulan yang erat dengan Tuhan? Jika sudah, hal-hal apa saja yang Anda alami selama ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan kami rindu untuk mengalami kemuliaan-Mu setiap harinya, sehingga terang-Mu terpancar melalui kehidupan kami. Beri kami hati yang senantiasa selalu rindu mencari wajah-Mu. Pertajam telinga rohani kami agar semakin peka untuk mendengar suara-Mu, agar kami memiliki hubungan yang karib dengan Engkau, ya Tuhan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”