MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 10-12
Lukas 1:39-56

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 4:16b dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia

Pada usia 24 tahun, penasihat keuangan dan pengarang buku Ron Blue merasa percaya diri sepenuhnya. Ia memiliki gelar MBA dan sertifikat CPA, Certified Public Accountant, dan satu jabatan bergengsi di satu kantor CPA terbesar di dunia, di New York. Namun, enam tahun kemudian, ia menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan mulai melihat hidup dari sudut pandang yang baru. Suatu kali, ia memutuskan mendirikan kantor penasihat keuangan dan hendak meminjam uang di bank sebesar sepuluh ribu dolar. Namun tiba-tiba ia merasa kalau Tuhan tidak mengizinkannya. Dengan segera ia batal meminjam uang tersebut.

Suatu hari, seorang temannya berkata, “Maukah kamu memberi seminar keuangan untuk eksekutif kami yang akan pensiun?” Mendengar hal tersebut, Ron Blue menyanggupinya. Tidak disangka, perusahaan itu membayar enam ribu dolar dan untuk empat kali seminar akan ditambahkan seribu dolar setiap seminarnya. Luar biasa! Ron memperoleh sepuluh ribu dolarnya tanpa harus berhutang.

Kisah Ron tidak berbeda jauh dengan yang dialami Samuel. Salah satu tokoh dalam Alkitab yang begitu mengasihi Tuhan, sehingga Tuhan ada dalam diri Samuel. Musuh yang tadinya selalu mengancam, akhirnya tidak berani menyerang Israel lagi. Selama hidup Samuel, Tuhan sendiri yang berperang melawan Filistin. Bahkan, Tuhan membuat Filistin tidak berkutik selama hidup Samuel. Kota-kota yang sempat hilang bisa direbut kembali. Kita dapat melihat bagaimana pembelaan Tuhan atas Samuel dan Ron Blue yang begitu luar biasa. Hal yang sama dapat terjadi dalam hidup kita, selama kita konsisten hidup mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati. Saat kita ada di dalam Tuhan, dan Tuhan ada di dalam kita, berkat kasih Tuhan akan selalu menyertai kita dan setiap permasalahan yang ada di hadapan kita pun akan diselesaikan oleh Tuhan. Baik itu sakit-penyakit, keuangan, rumah tangga, dan sebagainya.

RENUNGAN
Saat kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati, maka kita tinggal di dalam-Nya, dan DIA TINGGAL DI DALAM KITA.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengasihi Tuhan dengan segenap hati Anda? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa saat kita mengasihi Tuhan, maka kita akan tinggal di dalam Tuhan?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar dapat tinggal di dalam Tuhan dan Tuhan tinggal dalam diri Anda? Tuliskanlah.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami begitu mengasihi-Mu. Kami begitu bersyukur memiliki Engkau dalam hidup kami. Kami rindu hidup kami senantiasa tinggal di dalam-Mu, sehingga hidup kami tetap dalam penyertaan-Mu.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”