TERANG TUHAN PASTI LEBIH TERANG (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 4-6
Matius 14:22-36

RHEMA HARI INI
Mazmur 30:6 Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.

Terlahir sebagai anak bungsu, Cika terpaut usia 20 tahun dari kakak tertuanya. Cika tak sempat mengenal ayahnya, karena beliau meninggal dunia ketika ia masih sangat kecil. Ia hanya tahu tentang ayahnya dari cerita ibu dan kakak-kakaknya. Ayahnya adalah seorang yang sangat keras dalam mendidik anak-anaknya. Bila salah seorang kakak Cika melakukan kesalahan, ayahnya tidak segan menghukum dan menghajarnya dengan rotan. Namun setelah menghajar anaknya, ia selalu sangat menyesalinya. Kata ibunya, ayah Cika akan mengajak anak yang baru saja ia hukum dan membelikannya mainan atau makanan apa pun yang ia inginkan. Kakak-kakak Cika pun mengenang ayah mereka sebagai seorang ayah yang sangat baik, sebab beliau menghukum dengan tujuan agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

Ketika sedang dihukum atau dididik, rasanya pasti tidak menyenangkan. Hari ini, kita mungkin sedang menghadapi berbagai masalah yang begitu berat dan rumit. Mungkin itu masalah dalam pernikahan dan keluarga, hutang yang sangat besar, menderita sakit, terbelit masalah hukum, atau yang lainnya. Kita merasa beban itu sudah terlalu berat dan tidak tertanggungkan. Rasanya kegelapan yang kita alami sangatlah gelap, sampai kita tidak mampu lagi melihat apa pun di depan sana.

Terlepas dari apakah semua ini adalah hukuman atau didikan dari Tuhan, yang harus selalu kita ingat adalah Tuhan, Bapa kita, sangat mencintai kita anak-anak-Nya. Apa pun yang harus kita lalui saat ini, tujuannya adalah untuk membentuk kita menjadi manusia yang lebih baik, lebih kuat, lebih serupa dengan-Nya, dan siap menerima berkat-berkat-Nya yang melimpah. Pesan rhema kita hari ini, BERSUKACITALAH, sebab terang kita akan LEBIH TERANG. Kegelapan yang sempat kita rasakan, akan sirna tak berbekas. Kebaikan dan kemurahan Tuhan yang akan Dia curahkan tidak sebanding dengan murka-Nya. Layangkanlah mata kepada Tuhan, sebab kita akan dibuat-Nya bersorak-sorai dan melupakan tangisan serta kesusahan yang kita alami sekarang. (PF)

RENUNGAN
KEGELAPANNYA saat ini mungkin terasa sangat gelap, tetapi TERANGNYA pasti LEBIH TERANG.

APLIKASI
1. Kegelapan apa yang saat ini Anda rasakan begitu gelapnya dalam kehidupan Anda?
2. Menurut Anda, apa maksud dan tujuan Tuhan membiarkan Anda dalam kegelapan untuk beberapa saat?
3. Bagaimana seharusnya Anda menyikapi kegelapan? Mengapa demikian?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami percaya, segelap apa pun kehidupan kami saat ini, tidak akan berlangsung lama. Ajar kami untuk justru semakin bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Engkau. Sehingga saat terang-Mu datang, kemuliaan-Mu bersinar semakin cemerlang melalui hidup kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”