MENJALA JIWA SEBAGAI PANGGILAN HIDUP DAN PASSION (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 16-18
Lukas 2:1-24

BACAAN HARI INI
1 Korintus 9:1-27

RHEMA HARI INI
1 Korintus 9:23 Segala sesuatu ini aku lakukan karena Injil, supaya aku mendapat bagian dalamnya.

Nugroho adalah seorang pekerja sosial. Mendengarkan keluh kesah orang kurang mampu, membantu mencarikan jalan keluar, membantu anak-anak keluarga miskin agar tidak putus sekolah adalah pekerjaan sehari-harinya. Bahkan terkadang pekerjaan Nugroho tidak mengenal waktu. Malam hari ketika tiba-tiba ada permasalahan, ia harus segera menyelesaikannya. Nugroho selalu berusaha melakukan pekerjaannya sebagai bentuk pelayanannya untuk Tuhan. Meskipun tidak semua teman-temannya melakukan seperti yang dilakukannya, ia tidak patah semangat.

Nugroho tidak pernah mengeluh ataupun melakukan pekerjaannya dengan setengah-setengah. Ia merasa melalui pekerjaan inilah ia bisa menyaksikan kebaikan Tuhan kepada orang-orang kurang mampu yang didampinginya. Meskipun ia tidak bisa menyebutkan terang-terangan, tetapi Nugroho banyak memberikan nilai-nilai hidup yang sesuai firman Tuhan ketika ia mengisi materi dalam pertemuan-pertemuan kelompok. Nugroho menjadikan pekerjaannya ini menjadi renjana dan panggilan hidupnya. Ia percaya Tuhan menempatkannya di situ untuk membantu orang-orang yang terkadang sedikit tersisihkan karena status ekonomi mereka.

Ketika kita menjadikan pekerjaan atau hobi kita sebagai kesenangan atau passion, kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bahkan terkadang hal-hal lain bisa kita kesampingkan. Namun, hari ini Tuhan mengingatkan kita untuk memiliki kesenangan yang berbeda dengan orang kebanyakan. Tuhan menginginkan setiap kita menjadikan tugas menjala jiwa sebagai panggilan hidup dan kesenangan kita. Di mana pun kita ditempatkan dalam pekerjaan, sekolah, dan keluarga, Tuhan ingin kita bisa menjala jiwa-jiwa yang belum mengenal kasih Tuhan. Itulah kerinduan terbesar Tuhan. Oleh karena itu, mintalah kemampuan dan hikmat Tuhan agar kita beroleh keberanian untuk menjadi seorang penjala jiwa. Sehingga orang-orang di sekitar kita yang belum mengenal Tuhan bisa kita jangkau dan mereka menjadi percaya Tuhan. Berapa pun harga yang harus kita bayar, kita harus menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang. Kegerakan apostolik akhir zaman akan semakin nyata ketika banyak penjala jiwa yang menyelamatkan jiwa-jiwa terhilang. (LEW)

RENUNGAN
Jadikanlah tugas MENJALA JIWA sebagai PANGGILAN HIDUP DAN PASSION kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menjadikan tugas menjala jiwa sebagai panggilan hidup dan passion Anda? Jika sudah atau belum, mengapa
2. Mengapa Anda harus menjadikan menjala jiwa sebaia panggilan hidup dan passion Anda?
3. Apa saja yang akan Anda lakukan agar Anda bisa menjala banyak jiwa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau menjadikan penjala jiwa sebagai panggilan hidup dan passion kami. Mampukanlah kami untuk menyelamatkan banyak jiwa agar datang kepada-Mu. Kami percaya kekuatan dan kemampuan akan Engkau berikan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”