FOKUS HIDUP YANG AKAN MENGOBARKAN API REVIVAL KITA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Bilangan 3-4
Markus 3:20-35

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 20:24 Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

Sekali lagi Hani kecewa karena belum berhasil mendapatkan pekerjaan setelah dirumahkan akibat pandemi. Ia mengisi hari-harinya dengan membantu orangtuanya berdagang dan menjaga diri agar tetap produktif. Banyak suara yang melemahkan dan mematahkan semangatnya. Bahkan usahanya dipandang sebelah mata oleh saudara dan tetangganya. Teman yang pernah ia tolong pun meninggalkannya. Ia berjuang untuk mengendalikan diri agar tetap tegar dan terus maju, bahkan ia tidak pernah meninggalkan ibadah serta pelayanannya. Hal inilah yan membut ia merasa terus bersemangat dan berdaya guna. Ia senantiasa memandang kepada Tuhan, sehingga ia beroleh kekuatan untuk melanjutkan hidup.

Ya, apa yang terjadi dalam kehidupan kita sering kali memberikan kita pukulan yang cukup keras, sehingga kita meragukan kuasa Tuhan dalam hidup kita dan
akibatnya kehilangan api semangat kita. Terlebih saat kita melihat orang lain berhasil dalam hidupnya, tetapi tidak ada perubahan dalam hidup kita sendiri. Saat apa yang kita doakan dan perjuangkan justru menjadi milik orang lain. Saat kita butuh waktu untuk sembuh tetapi luka baru terus bermunculan. Ketika hidup dirasa menuntut terlalu banyak dari diri kita, tak jarang “menyerah” menjadi reaksi survival mode atau sistem pertahanan diri agar kita selamat dari suatu bahaya atau tekanan.

Jangan sampai sistem pertahanan hidup yang didasari rasa takut tersebut berkuasa atas hidup kita. Apabila ada di antara kita yang saat ini sedang kehilangan tujuan hidup dan merasa usaha kita sia-sia, tetaplah percaya bahwa Tuhan selalu menopang kita. Ambil langkah untuk keluar dari survival mode dan masuk ke revival mode. Fokus kepada Tuhan dan rendahkan hati untuk dipakai melayani Dia dan sesama. Biarkan api-Nya turun menyalakan api kebangkitan rohani dalam diri setiap kita. Berdoalah kepada Tuhan untuk meneguhkan panggilan dan tujuan hidup kita. Api revival akan memberikan kekuatan dan keberanian menghadapi hidup dan tantangan yang ada.

RENUNGAN
Fokus kepada TUHAN DAN SESAMA akan mengobarkan API REVIVAL dalam hati kita.

APLIKASI
1. Bagaimana cara mengobarkan api revival dalam diri Anda?
2. Menurut Anda, mengapa kita perlu fokus kepada Tuhan dan sesama?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar api revival dapat terus berkobar dalam diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami mau fokus kepada-Mu agar api kebangkitan rohani membangkitkan kembali jiwa kami. Kami mau merendahkan diri di hadapan-Mu dan menyelesaikan pelayanan yang Engkau tugaskan kepada kami untuk menjadi berkat bagi kerajaan-MU dan sesama kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, amin.”