MENJADIKAN SELAMATKAN JIWA SEBAGAI KEGIATAN POKOK (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Yosua 19-21
Lukas 2:25-52

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:31-34

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:34 Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Angel of the Gap. Malaikat dari Gap, itulah julukan veteran Perang Dunia II, Don Ritchie. Gap sendiri adalah nama tebing di Australia yang terkenal sebagai tampat bunuh diri. Kendati demikian, Don sengaja tinggal di seberang jalan dari tebing tersebut. Setiap hari, ia akan bangun pagi dan melihat tebing Gap dari jendela untuk memastikan apakah ada orang yang akan melompat dari sana. Kalau ada, ia akan menghampiri dan tersenyum sembari bertanya, “Apakah ada sesuatu yang bisa aku lakukan untuk membantu anda?” Sepertinya hanya kalimat sederhana, tetapi trik itu selalu berhasil. Don akan mengajak orang itu berbincang dan menawarkan untuk singgah di rumahnya sambil minum teh atau sarapan. Alhasil, selama hampir 50 tahun, ia berhasil menyelamatkan 160 orang dari tebing Gap.

Dalam Alkitab, kita bisa menemukan kisah ketika murid-murid Yesus mengajak-Nya untuk segera makan, tetapi Yesus menjawab, “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” Artinya, Yesus mengerti bahwa melakukan kehendak Bapa adalah satu perkara penting yang nikmatnya bisa melebihi kenikmatan makanan jasmani. Demikian juga sensasi yang didapat Don Ritchie, ketika ia berhasil menyelamatkan orang dari jurang kematian, kenikmatan itu seolah tidak tergantikan. Tidak aneh kalau sampai ia memutuskan untuk menghabiskan banyak waktu dengan mengamati orang-orang yang ada di sekitar tebing itu. Semua dilakukannya dengan senang hati dan sadar diri, selama 50 tahun.

Bagaimana dengan kita? Kepada kita, Tuhan sudah percayakan satu tugas mulia: menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang, memindahkan mereka dari kematian kekal kepada kehidupan dalam keselamatan kekal. Mulai hari ini, mari kita amati orang-orang di sekitar kita, adakah yang terlihat hidup dengan keputusasaan dan seolah berdiri di tepi jurang kematian? Datangi mereka, beritakan Kabar Baik dari Tuhan, selamatkan mereka, tarik dan bawa mereka ke jalan kehidupan kekal bersama Tuhan. Ini adalah waktu terbaik bagi kita untuk menjadi penjala jiwa dalam kegerakan apostolik akhir zaman dan mendapatkan makanan terbaik dari Tuhan. Amin.

RENUNGAN
Seperti makan, biarlah selamatkan jiwa menjadi KEGIATAN POKOK kita sehari-hari.

APLIKASI
1. Bagaimanakah pandangan Anda selama ini terhadap gerakan selamatkan jiwa?
2. Mengapa Anda perlu menjadikan selamatkan jiwa sebagai kegiatan pokok Anda sehari-hari?
3. Bagaimana Anda bisa menjadikan selamatkan jiwa sebagai kegiatan pokok Anda sehari-hari?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bantu kami untuk dapat menangkap kehendak-Mu dalam hidup kami. Kami mau melakukan apa yang Engkau ingin kami lakukan. Biarlah kami memiliki hati untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang Engkau tempatkan di sekitar kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”