BURUKNYA KEADAAN TANPA HADIRAT TUHAN [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 51:1-21

RHEMA HARI INI
Mazmur 51:13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Jika ditanya, apa yang kehilangan yang paling kita takuti, pasti akan ada banyak jawaban. Takut ditinggalkan oleh orang yang kita kasihi, takut miskin atau kehilangan kekayaan, takut kehilangan rasa hormat atau diremehkan, takut kehilangan simpati, takut kehilangan nyawa dan banyak lagi ketakutan yang lain. Semua ini membuat kita berusaha bagaimanapun caranya, bahkan tidak segan-segan melanggar Firman Tuhan. Mengambil jalan pintas dengan menipu, berbuat curang, menggunakan jasa paranormal atau menekan dan mengintimidasi orang lain. Semua ini membuat Tuhan undur dari kehidupan kita sehingga kita semakin terlilit dalam cengkeraman berbagai masalah

Daud sangat menyadari arti kehadiran Tuhan dalam hidupnya, sehingga ia paling takut kehilangan Tuhan lebih daripada kehilangan yang lain. Daud sampai memohon, “ Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!” Ketakutan Daud ini sangatlah beralasan, sebab tanpa hadirat dan perkenanan Tuhan, apapun yang ia lakukan akan sia-sia belaka. Absennya hadirat Tuhan dirasakan oleh Saul dan Samson. Akibatnya sungguh sangat buruk dan mengerikan. Bukan saja kemuliaan Tuhan yang undur dari hidup mereka membuat mereka mengalami kekalahan-kekalahan yang fatal, bahkan hidup mereka pun berakhir mengenaskan dan jauh dari kehormatan.

Belajar dari Daud, Saul dan Samson, sudah semestinya kita mengerti dan memahami bahwa tidak ada yang lebih penting di dunia ini selain daripada hadirat dan perkenanan Tuhan dalam hidup kita. Kita bisa kehilangan apapun di dunia ini, tapi selama kita memiliki Tuhan, Dia sanggup memulihkan bahkan mengganti berlipat kali ganda dari apa yang pernah hilang dalam hidup kita. Jadi jika hari ini ada yang sedang merasa hidupnya begitu kering dan tanpa pengharapan, bersuka citalah! Sebab rhema Tuhan berkata, inilah saatnya angin Utara yang membawa kesegaran berhembus dengan kencang. Menyegarkan kembali iman yang mulai padam, menyegarkan pekerjaan dan keuangan kita yang nyaris mati, menyegarkan kembali kasih dalam keluarga, menyegarkan tubuh yang lemah karena sakit penyakit dan setiap aspek kehidupan kita akan menerima kesegaran dari sorga. Kuncinya adalah HADIRKAN TUHAN dalam setiap apa yang kita lakukan dan dalam semua segi kehidupan kita. Jagalah hati, pikiran dan tindakan kita senantiasa dalam kekudusan sehingga Tuhan berkenan hadir dan berkarya luar biasa. (PF)

RENUNGAN
ABSENNYA HADIRAT TUHAN adalah hal yang SANGAT BURUK dan MENGERIKAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda merasakan hadirat Tuhan dalam hidup Anda saat ini? Mengapa?
2. Pernahkah Anda kehilangan hadirat Tuhan dalam satu masa kehidupan Anda? Apa yang Anda alami dan rasakan saat itu?
3. Bagaimana hadirat Tuhan membawa kesegaran dalam hidup Anda? Pengalaman apa yang Anda miliki?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, pesan rhema-Mu tentang angin Roh Kudus membuat kami sangat berbesar hati. Kami percaya inilah saatnya Engkau menyegarkan kembali apa yang telah layu dan mengering dalam kehidupan kami. Dengan iman kami terima hembusan angin Roh Kudus dari utara yang membawa kesegaran. Terimakasih Tuhan, di dalam nama tuhan Yesus kami berdoa. Amin.