Hidup Benar Membuat Kita Keluar Dari Kesukaran [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 12:1-28

RHEMA HARI INI
Amsal 12:13 Orang jahat terjerat oleh pelanggaran bibirnya, tetapi orang benar dapat keluar dari kesukaran.

Untuk membiayai pendidikannya, seorang anak menjual barang dari rumah ke rumah. Satu hari anak itu sangat kelaparan, ia memutuskan untuk mengetuk pintu rumah seseorang dan meminta sesuatu untuk dimakan. Seorang wanita muda yang cantik membukakan pintu, dan anak ini kehilangan keberaniannya. Akhirnya ia hanya meminta segelas air untuk diminum sebab ia terlalu malu untuk meminta makanan. Wanita muda itu memberinya segelas susu hangat yang segera diminumnya dengan lahap. Anak itu lalu bertanya berapa banyak ia berhutang. Wanita itu hanya tersenyum dan berkata bahwa ibunya mengajarkan untuk berlaku benar kepada orang lain, dan ia tidak mengharapkan imbalan. Anak itu pergi dengan perut kenyang dan pikirannya terus terinspirasi oleh kebaikan wanita tersebut.

Bertahun-tahun kemudian, di sebuah kota besar, seorang ahli bedah ternama, Dr. Howard Kelly melayani seorang wanita paruh baya yang menderita penyakit langka. Ketika wanita itu menyebutkan kota asalnya, tiba-tiba Dr. Howard tersadar bahwa ia sedang berhadapan dengan wanita yang dulu memberinya segelas susu gratis. Dr. Howard menyediakan perawatan dan perhatian terbaik. Ia mengerahkan segenap kemampuannya untuk menolong wanita itu. Setelah cukup lama dirawat di Rumah Sakit, wanita itu pun sembuh dan bersiap untuk pulang. Tapi ia terlihat khawatir sebab penyakit serius dan lamanya perawatan tentu memerlukan biaya yang mahal. Namun ketika ia menerima tagihan, ia mendapatkan Dr. Howard telah membayar lunas seluruh tagihannya dan menulis catatan kecil untuknya, “Sudah dibayar lunas dengan segelas susu hangat.”

Pandemi Covid-19 yang tidak jelas kapan berakhirnya, bukan hanya membuat orang takut terpapar, tetapi rentetan masalah yang timbul membuat banyak orang semakin tertekan. Krisis ekonomi yang terjadi malah seolah lebih menakutkan dari virus itu sendiri. Namun Rhema Tuhan hari ini mengingatkan, bahwa sesulit apapun kondisi kita, pastikan kita tetap hidup benar di hadapan Tuhan. Jauhi perkataan dan niat jahat, terlebih lagi tindakan jahat. Tuhan sudah membenarkan kita, jangan sia-siakan dan kotori lagi dengan yang jahat. Tuhan kita yang hidup akan memimpin orang-orang benar keluar dari kesukaran. Keluarga kita akan baik-baik saja, usaha pekerjaan kita pasti ditolong Tuhan dan orang-orang yang kita kasihi pasti diselamatkan-Nya.

RENUNGAN
Pastikan kita TETAP HIDUP BENAR di hadapan Tuhan, maka Dia akan memimpin kita KELUAR DARI KESUKARAN.

APLIKASI
1. Bagaimana sikap Anda dalam menghadapi kesukaran?
2. Apakah Anda tetap dapat menjaga hidup benar di hadapan Tuhan sampai saat ini?
3. Dengan cara apa Anda menjaga hati, pikiran dan iman Anda di masa-masa sukar ini?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, sesukar apapun kondisi kami saat ini, kami tetap bersyukur sebab Engkau adalah Bapa yang selalu menjagai dan melindungi kami anak-anakMu. Engkau juga yang akan memimpin kami keluar dari kesukaran. Tolong kami Bapa untuk selalu menjaga hidup kami tetap benar dihadapan-Mu. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.