MAKANAN ROHANI YANG MENYEHATKAN ROH KITA [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:1-176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:97 Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.

Dani dan Deni bukanlah kembar, tetapi mereka bersahabat sejak kecil. Kedua orangtua Dani sukses dalam karier mereka, tetapi jarang di rumah. Sebagai gantinya, meski masih duduk di bangku SD, Dani mendapatkan uang saku yang besar, sehingga ia bisa membeli jajanan dan makanan apa pun yang disukainya. Sedangkan Deni setiap hari dibekali makan siang oleh ibunya. Makanan sehat yang menurut Dani dan Deni sangat membosankan, tetapi mau tak mau Deni menghabiskannya. Meski orangtua Deni sering mengundang Dani untuk makan malam bersama, ia tidak pernah mau. Ia lebih suka memesan makanan-makanan kekinian. Seiring waktu, Deni tumbuh menjadi remaja bertubuh tinggi, atletis, dan kuat. Dani sebaliknya, tubuhnya melebar dan sering sakit-sakitan. Saat diperiksakan ke dokter, ternyata ia kekurangan gizi.

Ya, apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita sangat menentukan kesehatan kita. Prinsip yang sama juga berlaku bagi tubuh rohani kita. Pertumbuhan manusia roh kita sangat ditentukan dengan apa yang kita masukkan dalam pikiran kita. Kalau kita lebih suka menonton hiburan, mencari berita dan situasi terkini, atau bahkan mengikuti gosip terbaru, kita hanya akan menjadi orang yang tahu banyak hal, tetapi manusia roh kita kekurangan gizi.

Jadilah seperti pemazmur dalam bacaan hari ini. Ia begitu menyukai firman Tuhan melebihi segalanya. Sampai-sampai ia tak bisa berhenti memikirkannya sepanjang hari. Perenungannya pun membuatnya menjadi penuh hikmat dan bijaksana, sehingga ia bisa mengenali tuntunan Tuhan serta berjalan dalam kehendak-Nya. Ya, begitu ajaibnya menu makanan roh super yang disediakan Bapa bagi kita. Kalau kita hanya sekedar membaca firman, betapa ruginya kita. Renungkan dan galilah firman yang kita baca, sampai kita mendapatkan rhema dari Tuhan. Semakin dalam kita menggalinya, semakin berkualitas pula rhema yang bisa kita temukan. Rhema itulah yang menentukan asupan gizi yang memberikan pertumbuhan serta kekuatan bagi roh kita, sehingga kita pun bisa memiliki kehidupan roh yang solid. (MV.L)

RENUNGAN
MAKANAN ROHANI kita menentukan tingkat KESEHATAN MANUSIA ROH kita.

APLIKASI
1. Apa sajakah yang selama ini menjadi makanan bagi pikiran dan roh Anda?
2. Mengapa kesehatan manusia roh kita dipengaruhi dengan makanan rohani kita?
3. Bagaimana Anda bisa memberi manusia roh Anda makanan yang lebih bergizi lagi?
DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk rhema yang selalu Engkau sediakan bagi kami. Kami mau terus mencari dan menggali rhema-Mu, sehingga kami boleh mendapatkan makanan rohani yang lebih bergizi lagi. Kami mau manusia roh kami bisa tumbuh sehat dan kuat, bahkan menjadi raksasa rohani-Mu yang bisa Engkau pakai sebagai terang yang memuliakan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”