Tumbuhkan Benih Kasih Untuk Selamatkan Keluarga [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Roma 5:1-21

RHEMA HARI INI
Roma 5:5b karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Nanda sangat membenci papanya yang telah bertahun-tahun membuat seluruh keluarga menderita. Suatu hari saat mengikuti KKR, Nanda diingatkan untuk mau mengampuni papanya. Hati Nanda tidak terima. Rasanya mustahil bagi Nanda untuk bisa mengampuni papanya yang telah sangat menyakiti hati seluruh keluarga. Walau dalam lubuk hatinya selalu muncul dorongan untuk mengampuni tapi pikiran dan perasaannya terus memberontak mencegahnya. Nanda pun berlutut dalam doa untuk mengatasi gejolak hatinya. Roh Kudus membawanya kembali pada kenangan-kenangan indah bersama papanya. Tapi di saat yang sama, Nanda bisa melihat bahwa papanya sedang berjalan menuju kegelapan yang pekat. Nanda kaget dan seketika tersadar bahwa papanya butuh pertolongan. Ia harus segera menyelamatkan papanya. Dan langkah pertama yang harus ia lakukan adalah mengampuni papanya.

Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus menulis bahwa kasih Allah telah dicurahkan pada setiap orang percaya melalui Roh Kudus yang telah dikaruniakan dan tinggal dalam hati kita. Kasih inilah yang memberi kita kekuatan dalam menghadapi setiap penderitaan dan pergumulan di masa sulit dan kasih ini pula yang memampukan kita menjadi saluran kasih Allah bagi sesama. Namun saat hati kita dipenuhi kebencian, amarah atau kekecewaan, aliran kasih Allah ini seperti sungai yang mampat oleh banyaknya tumpukan sampah. Kita jadi semakin kehilangan kemampuan untuk mengasihi dan hati kita rasanya kering kerontang.

Rasa kasih kita memudar, bahkan mungkin kita bisa berkata bahwa kita tidak peduli lagi pada mereka yang telah meyakiti kita. Sudah tidak mau memikirkan dan berurusan apapun lagi dengan mereka. Namun hati kecil kita tidaklah bisa dibohongi, jauh di dalam sana, benih kasih itu masih ada. Kasih itu memang tidak sekuat dan sebesar dulu, tetapi kasih itu masih hidup dalam hati kita. Yang perlu kita lakukan adalah memupuk kasih itu kembali. Mintalah pada Roh Kudus untuk kembali mencurahkan kasih Allah dalam hati kita. Rasakan kasih Allah mengalir masuk dengan deras dalam hati kita, menyapu habis setiap sampah. Menyuburkan tanah hati kita sehingga benih kasih pada keluarga kita bisa bertunas kembali. Malam ini terimalah curahan kasih Allah dalam hati kita. Sebab kasih inilah yang memberi kekuatan untuk menyelamatkan dan merebut kembali keluarga yang kita kasihi.

RENUNGAN
Jika kasih kita MEMUDAR, mintalah KASIH ALLAH mengalir dalam hati kita, sehingga BENIH KASIH kepada keluarga bisa BERTUNAS kembali.

APLIKASI
1. Seberapa besar rasa kasih Anda pada keluarga saat ini? Adakah sesuatu hal yang menyebabkan rasa kasih Anda memudar?
2. Mengapa kasih Allah perlu ada dan mengalir dalam hati Anda?
3. Bila Anda sedang kesulitan untuk mengasihi keluarga Anda, mintalah pada Roh Kudus untuk memenuhi hati Anda dengan kasih Allah.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, penuhilah hati kami dengan kasih-Mu sampai tidak ada lagi tempat dalam hati kami selain untuk kasih-Mu. Biarlah kasih itu meluber keluar dan membanjiri keluarga kami dengan kasih sejati-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.