STRATEGI DARI TUHAN UNTUK PEMULIHAN KELUARGA [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 24:1-34

RHEMA HARI INI
Amsal 24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Ketika Gideon dipilih Tuhan untuk bangkit dan menyelamatkan bangsanya, ia bukan siapa-siapa. Ia bukan panglima perang, bahkan ia berasal dari suku yang terkecil dan tidak diperhitungkan. Gideon sempat merasa rendah diri karena merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa. Tapi karena Tuhan telah memilihnya, DIA tidak membiarkan Gideon berperang sendiri. Tuhan terus meneguhkan Gideon dan menuntunnya dengan strategi dan cara-cara yang di luar hikmat manusia. Mulai dari mengintai bangsa Midian terlebih dahulu, sampai strategi memilih anggota pasukannya. Semua strategi yang dipakai Gideon asalnya dari Tuhan. Dan terbukti semua itu membawa kemenangan.

Gideon tidak akan mengalami kemenangan yang seluar biasa itu jika ia tidak mentaati strategi dan hikmat tuntunan dari Tuhan. Walau secara manusia hal itu tidak masuk akal, Gideon tetap taat. Bayangkan, Tuhan memberinya strategi dengan mengurangi jumlah pasukan sampai tinggal 300 orang saja. Sedangkan musuh yang mereka hadapi sangat banyak jumlahnya. Tapi Tuhan, Sang Penasehat Ajaib, memiliki hikmat yang jauh melebihi hikmat manusia, sehingga kemenangan besar terjadi bagi Gideon.

Hal yang sama juga terjadi ketika kita dipilih Tuhan untuk bangkit dan merebut kembali keluarga kita. Perjuangan kita tidak hanya sebatas berdoa dan hanya pasif menantikan Tuhan bekerja. Tetapi kita juga harus BERGERAK secara nyata dengan strategi dan tuntunan dari Tuhan. Hikmat dari Tuhan mungkin sangat tidak masuk akal dan terlalu berat kita rasakan. Mungkin kita harus menghancurkan ego, harus merendahkan hati, harus repot berbuat sesuatu, atau apapun. Tapi selama hal itu adalah strategi dari Tuhan, TETAP LAKUKANLAH. Dia Tuhan, Sang Sumber Hikmat yang tidak akan pernah mempermalukan anak-anakNya yang berharap dan mengandalkan Dia sepenuhnya. Teruslah berjalan dalam tuntunan Tuhan dan aktif melakukan bagian kita dengan segenap kekuatan, maka Tuhan pasti turut bekerja mendatangkan kemenangan bagi kita. Jangan menyerah. Bersama Tuhan, kita akan memenangkan keluarga kita dan nama Tuhan akan semakin dipermuliakan. Haleluya!

RENUNGAN
JANGAN HANYA berdoa dan menanti dengan pasif, mintalah STRATEGI DARI TUHAN agar pemulihan keluarga bisa terjadi.

APLIKASI
1. Apa yang sudah Anda lakukan untuk menanggapi panggilan Tuhan atas keluarga Anda?
2. Strategi apa yang Tuhan minta Anda kerjakan untuk merebut kembali dan memenangkan keluarga Anda?
3. Kendala dan tantangan apa yang Anda hadapi dalam mentaati petunjuk Tuhan itu dan bagaimana cara Anda mengatasinya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas keluarga dimana kami Engkau tempatkan. Kami percaya Engkau punya rencana yang besar atas keluarga kami. Mampukan kami ya Tuhan, supaya kami tetap berdiri teguh dan bertindak tepat sesuai dengan hikmat dan petunjuk-Mu. Kami percaya, kemenangan atas keluarga kami akan benar-benar terjadi dan nama-Mu dipermuliakan atas kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.