MANFAAT DOA DI LEVEL SUPERNATURAL [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Markus 14:32-42

RHEMA HARI INI
Markus 14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.”
Pagi itu kantor Andi bagai diserbu kawanan lebah. Ia baru saja mendapatkan undangan ulang tahun dari atasan mereka, Pak Robert. Pasalnya atasan mereka terkenal strict. Sepengetahuan mereka, beliau tak pernah mengundang satu pun bawahannya ke pesta pribadi keluarganya. Tidak peduli sebesar apa pun prestasi orang tersebut. Rekan-rekan Andi pun tak kuasa untuk tak bertanya, “Andi, kamu ada hubungan keluarga dengan Pak Robert, ya?” Mendengar itu, Anda menggeleng cepat. “Lalu, keluargamu kenal Pak Robert? Kamu kenal anaknya, atau keluarganya?” Lagi-lagi Andi menggeleng dan menjawab, “Tidak, keluargaku tidak kenal Pak Robert, keluarganya juga tidak kenal keluargaku. Aku baru kenal beliau setelah kerja di sini.” Teman-teman Andi kembali bertanya, “Kok bisa? Kamu kan baru bekerja setahun.” Menanggapi keheranan teman-temannya, Andi berseloroh, “Ah, itu karena tak kenal maka tak sayang.”

Ya, berbeda dengan teman-temannya yang segan berinteraksi dengan atasan mereka yang keras, sewaktu menemui kesulitan, Andi lebih suka mendatangi Pak Robert dan meminta petunjuknya. Andi merasa lebih baik dimarahi tetapi melakukan pekerjaannya dengan benar, daripada membuat kesalahan dan kemudian dimarahi. Seiring waktu, mereka pun mulai mendiskusikan hal-hal di luar pekerjaan dan juga mengobrol santai. Itu sebabnya, Pak Robert mengistimewakan Andi.

Tidak ada kedekatan yang terjalin tanpa komunikasi, demikianlah Doa membangun hubungan kita dengan Tuhan. Saat kita berdoa, hati kita pun terkoneksi dengan hati Tuhan. Bukan hanya kita yang mencurahkan segala isi hati kita, Tuhan pun akan memberitahukan kita isi hati-Nya. Semakin kita mengenal hati Tuhan, hati kita pun semakin diubahkan sehingga semakin selaras dengan-Nya. Ketika hati kita selaras dengan hati Tuhan, maka kita akan berpikir dan bertindak seperti yang Tuhan inginkan sehingga kita tidak jatuh dalam berbagai pencobaan. Kita tidak lagi hidup dengan cara yang biasa-biasa lagi, melainkan kita akan menjadi pribadi yang istimewa di mata Tuhan. (MV.L)

RENUNGAN
Doa membuat kita TIDAK JATUH dalam berbagai PENCOBAAN.

APLIKASI
1. Bagaimanakah kehidupan doa Anda selama ini?
2. Mengapa hati Tuhan senang saat kita berdoa?
3. Bagaimana Anda akan membangun kehidupan doa yang menyenangkan hati Tuhan?
DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ini kami, datang ke hadapan-Mu untuk mendekat dan mengenal-Mu lebih lagi. Kami rindu untuk dekat dengan-Mu dan lebih mengenal hati-Mu. Kami ingin hidup dengan cara yang menyenangkan hati-Mu, agar hidup kami pun bisa mendatangkan kemuliaan bagi-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”