PENYEMBAHAN MEMBAWA KEBERHASILAN [REMAKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Abraham memiliki seorang hamba kepercayaan bernama Eliezer. Ia berasal dari Damsyik dan pernah disebut Abraham sebagai ahli warisnya sebelum kelahiran Ismael dan Ishak. Saking percayanya Abraham kepada Eliezer maka Abraham memberinya tugas untuk mencari jodoh bagi Ishak. Dan syarat utama untuk calon istri Ishak adalah harus berasal dari negeri dimana Abraham berasal. Tugas ini sangat berat. Selain ia tidak tahu siapa nanti yang harus ditemuinya, jaraknya pun sangat jauh dan sarat dengan bawaan barang berharga. Singkat cerita Eliezer akhirnya sampai ke tujuan. Bukannya buru-buru masuk kota, Eliezer memilih berhenti sejenak untuk berdoa dan meminta petunjuk Tuhan. Barulah ia beristirahat. Di situ ia melihat gadis-gadis yang sedang menimba air. Salah satu dari gadis itu melakukan hal yang sama dengan permohonan doa Eliezer, dan ia memperkenalkan diri sebagai Ribka, seorang keturunan Nahor, kerabat Abraham. Mendengar itu Eliezer langsung sujud menyembah karena doanya dijawab Tuhan.

Pendahuluan kitab Mazmur memperbandingkan perbedaan jalan orang benar dengan jalan orang fasik. Orang benar adalah orang yang hidupnya tidak berjalan dalam kejahatan dan ia membangun hidupnya dengan firman Tuhan. Mereka memiliki hati yang sungguh-sungguh rindu dan bersukacita akan jalan dan perintah Tuhan. Hidup orang yang seperti ini disebut oleh pemazmur bagaikan pohon yang ditanam di tepi aliran air. Ia menghasilkan buahnya pada musimnya, ia tidak layu daunnya, apa saja yang dibuatnya berhasil.

Seperti Eliezer yang selalu memohon petunjuk Tuhan untuk setiap langkah yang dikerjakannya, setiap orang yang tinggal di dalam Firman Tuhan akan selalu menerima sumber hidup yang tidak pernah berhenti mengalir. Frasa “apa saja yang diperbuatnya berhasil” , bukan berarti tidak akan ada masalah atau gangguan. Tapi orang benar akan selalu mengerti kehendak Tuhan atas hidupnya, dan mau mentaatinya walau terkadang tidak sesuai dengan keinginannya. Dengan mengikuti jalan Tuhan inilah yang membuatnya selalu berhasil dengan apa yang dikerjakannya. Dan hati menyembah yang dimiliki Eliezer membuatnya bersyukur, sujud dan menyembah Tuhan setiap kali Tuhan menjawab doanya. Satu keajaiban dari sebuah penyembahan yang dilakukan Eliezer adalah MENDATANGKAN PERKENANAN TUHAN, sehingga apapun yang dikerjakan Eliezer dibuat-Nya berhasil.

RENUNGAN
PENYEMBAHAN mendatangkan PERKENANAN TUHAN, sehingga APA PUN yang kita kerjakan DIBUAT-NYA BERHASIL.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengalami perkenanan Tuhan sehingga apa saja yang Anda kerjakan dijadikan-Nya berhasil?
2. Keajaiban apa yang pernah Anda alami dari sebuah penyembahan?
3. Bagaimana cara Anda menjadikan penyembahan sebagai bagian dari kehidupan Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mengucap syukur atas pengajaran-Mu pada malam hari ini. Ampuni kami jika selama ini kami belum menyadari pentingnya arti penyembahan. Kami mau terus belajar untuk menjadi penyembah-penyembah yang benar dihadapan-Mu. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.