Rencana Besar Tuhan Bagi Keluarga

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yeremia 29:1-23

RHEMA HARI INI
Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Kisah pemulihan keluarga mantan artis Robby Sugara menjadi sebuah monumen abadi bahwa Tuhan itu setia, janji-Nya ya dan amin. Seandainya tidak ada kisah pemulihan keluarga tersebut, mungkin kita tidak memiliki contoh bagaimana Tuhan sanggup memulihkan rumah tangga yang sudah empat belas tahun berpisah. Seandainya tidak ada kisah pemulihan keluarga ini, maka kita tidak akan bisa melihat bagaimana Tuhan sanggup memelihara kehidupan seorang ibu single parent dengan tujuh orang anak yang masih kecil. Seandainya tidak ada kisah pemulihan keluarga ini, maka kita tidak akan bisa melihat teladan bagaimana kuasa doa, kasih dan pengampunan mampu memulihkan sebuah keluarga yang sudah hancur.

Ketika bintangnya mulai meredup, Robby Sugara meninggalkan istrinya dan tujuh orang anaknya yang masih kecil untuk hidup bersama wanita lain yang kaya raya. Tak hanya masalah ekonomi, Etha pun dihadapkan pada masalah psikologis anak-anaknya. Kepergian sang ayah, menorehkan luka mendalam pada hati anak-anak mereka. Hingga suatu hari, Etha menemukan anak-anaknya bergandengan tangan di lantai, diterangi sinar lilin karena listrik di rumah mereka dicabut akibat menunggak selama dua tahun, mereka melantunkan pujian penyembahan kepada Tuhan dan berdoa supaya papanya kembali kepada mereka. “Tuhan kami mengampuni papa kami, karena dia tidak tahu apa yang dia lakukan. Tuhan kami juga mengampuni perempuan yang mengambil papa kami. Beri suami lain supaya papa kami bisa pulang.” Doa sederhana yang dinaikkan anak-anaknya ini menyentuh hati Tuhan dan membuat Tuhan berkarya secara ajaib. Di tahun yang keempat belas, Robby Sugara, sang mantan artis terkenal itu, pulang kepada keluarganya. Terjamah dengan apa yang Tuhan kerjakan dalam keluarganya, Robby Sugara dan istrinya kini menjadi pelayan Tuhan sepenuh waktu. Robby-Etha, pelayanan keliling Indonesia, bahkan luar negeri untuk menyaksikan kasih Tuhan dalam kehidupan mereka.

Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Separah apapun keadaan keluargamu, Tuhan sanggup pulihkan. Sebab rancangan-Nya bukanlah rancangan kecelakaan, tetapi hari depan yang penuh dengan harapan. Tetaplah percaya bahwa pemulihan pasti bisa Tuhan kerjakan bagi keluarga Anda. Sebab Tuhan punya rencana yang sangat besar bagi keluarga Anda. Tuhan rindu kemuliaan-Nya nyata atas keluarga Anda.

RENUNGAN
Tuhan mau BERKARYA DENGAN DAHSYAT di tengah-tengah keluarga kita, sebab Dia punya RENCANA BESAR dalam MUJIZAT PEMULIHAN KELUARGA.

APLIKASI
1. Apakah Anda percaya bahwa Tuhan punya rencana yang besar bagi keluarga Anda?
2. Rencana besar apa yang Tuhan tetapkan bagi keluarga Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya rencana besar Tuhan bisa digenapi di dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur sebab Engkau Tuhan yang memiliki rancangan yang sangat besar bagi keluarga kami. Ajar kami untuk memegang teguh janji-MU bahwa rancangan-MU pasti digenapi dalam kehidupan keluarga kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.