BERKAT YANG PASTI DI SETIAP MUSIM

05 Februari 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

BERKAT YANG PASTI DI SETIAP MUSIM

RHEMA HARI INI
Wahyu 3:7-8 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Di seluruh dunia, terdapat negara-negara yang mengalami empat musim, sementara yang lain hanya mengenal dua musim. Di negara-negara yang mengalami empat musim, penduduknya perlu beradaptasi dengan perubahan musim yang ekstrem, seperti musim dingin, dengan persiapan pakaian yang sesuai. Di Indonesia, yang hanya memiliki dua musim, awalnya terasa lebih sederhana dibandingkan dengan negara-negara empat musim. Namun, seiring berjalannya waktu dan dampak pemanasan global yang disebabkan oleh deforestasi, musim panas yang biasanya berlangsung selama 6 bulan dapat menjadi lebih panjang, mencapai 7 hingga 8 bulan, sehingga menyebabkan kekeringan meluas. Musim hujan pun tidak kalah berubah, kadang berlangsung singkat, kadang lebih lama dari biasanya selama 6 bulan. Hal ini mengakibatkan kesulitan bagi para petani karena sulitnya memprediksi musim, menyebabkan kegagalan panen yang merugikan.

Seperti musim yang tak terduga, dalam kehidupan, kita sering menghadapi situasi yang tidak dapat kita prediksi dengan pasti. Ada waktu-waktu di mana kita diberkati dengan kebaikan, keindahan, dan kebahagiaan yang membuat kita bersukacita. Namun, di lain waktu, kita mungkin harus melewati musim yang penuh dengan kekecewaan, keterbatasan, sakit, atau tantangan lain yang membuat kita merasa seolah-olah tidak lagi merasakan berkat Tuhan. Salah satu puncak kesedihan adalah ketika seseorang baru saja menerima berkat Tuhan, namun seketika itu juga dihadapkan dengan kenyataan yang membuat sukacita tersebut seakan-akan lenyap. Situasi seperti ini terkadang membuat banyak orang Kristen merasa jauh dari Tuhan.
Firman Tuhan yang kita terima hari ini memberikan kekuatan bahwa berkat Tuhan kepada kita tidak akan terhenti oleh apapun, termasuk musim sulit yang sedang kita alami. Marilah kita terus berpegang teguh pada Firman Tuhan, percaya bahwa segala jenis berkat yang telah Tuhan janjikan kepada kita, baik itu dalam hal fisik, pekerjaan, kesehatan, jalan keluar dari kesulitan, kesuksesan, kegembiraan, atau bahkan keharmonisan dalam keluarga, tidak ada yang dapat menghalanginya, semua itu pasti menjadi bagian dari hidup kita. (AM)

RENUNGAN:
Ada BERKAT yang PASTI, di MUSIM yang TIDAK PASTI.

APLIKASI
1. Renungkan, mengapa di dalam Tuhan kita bisa menerima berkat yang pasti di dalam musim yang tidak pasti?
2. Bagaimana caranya supaya kita bisa menerima berkat yang pasti di musim yang tidak pasti?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk memberitakan kabar baik ini supaya banyak orang bisa mengalami berkat yang pasti di musim yang tidak pasti?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami bersyukur atas berkat FirmanMu hari ini. Tidak ada jaminan yang lebih pasti di dalam dunia ini selain jaminan didalam Engkau Tuhan. Roh Kudus, ajar kami untuk tetap setia memegang janjiMu bahwa ada berkat yang pasti di musim yang tidak pasti. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 14-16; Kisah para rasul 9:22-43

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah