FIRMAN TUHAN YANG KEKAL

07 Februari 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

FIRMAN TUHAN YANG KEKAL

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:1-2 Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut taurat Tuhan. Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-NYA, yang mencari Dia dengan segenap hati,

Seiring berjalannya waktu, hukum mengalami transformasi sejalan dengan perubahan kondisi masyarakat. Dinamika perubahan hukum ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti perubahan sosial, teknologi, politik, dan budaya. Contohnya, dalam era digital saat ini, muncul berbagai masalah baru terkait penggunaan teknologi, seperti kejahatan siber dan permasalahan privasi online. Kejahatan seperti pencurian identitas, penipuan online, penyebaran virus komputer, dan tantangan sejenisnya menuntut adanya upaya hukum yang baru dan relevan untuk melindungi masyarakat.

Mazmur 119, yang diyakini ditulis pada abad ke-10 hingga ke-5 SM, mengungkapkan kasih yang agung terhadap firman Allah yang tertulis. Firman Allah disebut sebagai janji, perintah, pedoman, kesaksian, ajaran, hikmat, kebenaran, keadilan, dan teguran. Firman Allah disajikan sebagai penghiburan, perlindungan, harta, patokan hidup, kebahagiaan hati dan jiwa, serta sumber jawaban atas segala kebutuhan. Sir Frederic Kenyon, seorang pakar manuskrip Alkitab dari Inggris, menyatakan bahwa “seseorang bisa menggenggam Alkitab dan dengan yakin menyatakan bahwa itu adalah Firman Allah. Meskipun Alkitab telah diteruskan dari generasi ke generasi selama berabad-abad, isinya tetap akurat.”

Peraturan manusia sering berubah mengikuti perkembangan kondisi yang terjadi. Perjanjian manusia, meskipun saat ini dianggap kuat, dapat berubah seiring waktu dan tergantung pada situasi. Ini berbeda dengan peraturan Tuhan yang bersifat kekal dan tidak berubah. Bahkan di tengah ketidakpastian musim, perjanjian Tuhan dengan kita tetap tidak berubah. Firman Tuhan adalah satu-satunya kepastian yang dapat kita pegang teguh. (AO)

RENUNGAN:
Peraturan manusia sering berubah, tetapi FIRMAN TUHAN adalah hukum, peraturan, dan perjanjian yang TIDAK PERNAH BERUBAH

APLIKASI
1. Apakah Anda saat ini sedang mengalami kebingungan dan kekhawatiran menghadapi situasi dan kondisi yang tidak pasti?
2. Uji hati, seberapa besar keyakinan Anda bahwa janji Tuhan di dalam firman-Nya tidak pernah berubah?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda bisa semakin memegang teguh Firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur karena firmanMu yang menjadi pelita bagi langkah kehidupan kami. Kami tidak takut menghadapi setiap pergumulan, pencobaan, dan tantangan, karena kami percaya akan janjiMu yang tidak pernah berubah dan yang akan selalu menjaga serta melindungi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 20-21; Kisah para rasul 10:24-48

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah