KETERKAITAN ANTARA KONDISI JIWA DAN TUBUH (REKA)

08 Mei 2023 admin Renungan Keluarga Allah

KETERKAITAN ANTARA KONDISI JIWA DAN TUBUH (REKA)

[vc_row][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Worship Audio

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

ReKA Audio & Video

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 9-10; Efesus 3

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5:23 (BMIK) Semoga Allah sendiri yang memberikan kita sejahtera, menjadikan kalian orang yang sungguh-sungguh hidup khusus untuk Allah. Semoga Allah menjaga dirimu seluruhnya, baik roh, jiwa maupun tubuhmu, sehingga tidak ada cacatnya pada waktu Tuhan kita Yesus Kristus datang kembali.

Kecerdasan manusia memungkinkan manusia memikirkan cara-cara untuk meringankan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Karena itu manusia mulai berpikir untuk merancang dan menciptakan “makhluk lain” yang dapat menggantikan tugasnya sebagai manusia dan dapat dikendalikan. Manusia menciptakan makhluk yang dapat dikendalikan serta dapat melakukan pekerjaan manusia yang dikenal sebagai robot. Apa yang dilakukan oleh robot dikendalikan penuh oleh manusia yang memengang remote kendalinya. Robot hanya bisa melakukan apa yang telah diprogramkan. Selain itu, robot tidak bisa melakukan apa-apa sekalipun tuannya memarahinya. Ia akan tetap diam selama tidak ada “perintah” melalui remote kontrol oleh tuannya. Robotpun tidak akan mengalami stress karena salah satu komponennya belum bisa diperbaiki. Sebaliknya jika salah satu komponen robot rusak, maka saat itu juga ia tidak bisa melakukan perintah manusia.

Berbeda dengan robot yang otomatis tidak bisa melakukan apa-apa ketika salah satu komponennya rusak, manusia tidak serta merta tidak bisa melakukan apa-apa ketika mengalami sakit. Manusia tetap bisa beraktivitas walaupun terbatas. Ia akan menjalani pengobatan atau terapi agar bisa pulih kembali. Keadaan ini secara tidak sadar mempengaruhi kondisi kejiwaannya. Ketika tubuh manusia sehat, maka ia mampu berpikir jernih, dan melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Sebaliknya jika ia mengalami sakit dalam waktu yang lama dan harus menjalani serangkaian pengobatan dalam waktu lama, maka mentalnya akan terpengaruh. Ia akan mudah tersinggung bahkan ada yang mengalami depresi.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa Allah mampu menolong kita untuk menghadapi apapun persoalan dalam hidup kita. Sekalipun kita diijinkan Tuhan menjalani serangkaian pengobatan dalam waktu yang lama; sekalipun Tuhan mengijinkan kita harus terbaring untuk beberapa waktu karena sakit, tapi Tuhan tidak pernah meninggalkan kita selama kita berharap padaNya. Tugas kita hanyalah menjalani, mengucap syukur dan berharap padaNya, maka Tuhan akan mencurahkan sukacita dan damai sejahteraNya sehingga kita mampu menghadapi persoalan tubuh kita termasuk sakit yang kita alami. (AM).

RENUNGAN:
Ada KETERKAITAN antara kondisi jiwa dan tubuh

APLIKASI
1. Apakah saat-saat ini Anda merasa lelah secara mental karena kondisi tubuh Anda?
2. Apakah yang Anda lakukan ketika hal itu Anda alami?
3. Bagaimana caranya agar jiwa kita tetap sehat sekalipun tubuh kita berada dalam kondisi yang kurang sehat?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa, terima kasih atas Rhema hari ini. Ampuni kami jika kami tidak mensyukuri apa yang Engkau ijinkan kami alami saat ini. Roh Kudus tolong kami untuk selalu mengingat kebaikanMu dan mensyukuri keadaan kami saat ini. Kami percaya, apa yang Engkau rancangkan bagi kami semuanya baik adanya. Di Dalam Nama Yesus kami berdoa, Amin.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

[pexcirclecta pex_attr_small_title=”” pex_attr_title=”Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!” pex_attr_button_text=”Ya! Saya Mau Bergabung!” pex_attr_button_link=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281325442484&text=Shalom!%20Saya%20rindu%20bergabung%20di%20Gereja%20Internet%20Keluarga%20Allah!” pex_attr_button_link_open=”same” pex_attr_button_color=”23d17a”][/pexcirclecta]

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah