HATI YANG GEMBIRA, KUNCI DOA DIJAWAB TUHAN

10 Mei 2023 admin Renungan Keluarga Allah

HATI YANG GEMBIRA, KUNCI DOA DIJAWAB TUHAN

[vc_row][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Worship Audio

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

ReKA Audio & Video

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Bacaan Alkitab Setahun

Yesaya 14-16; Efesus 5:1-16

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

RHEMA HARI INI
Mazmur 37:4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Lina dan Leni adalah dua orang sahabat yang mempunyai karakter yang berbeda. Lina adalah seorang yang selalu menerima keadaan apa adanya dengan penuh syukur, sementara Leni yang sudah terbiasa hidup berkelimpahan, selalu mengeluh ketika menghadapi keadaan yang tidak biasa ia hadapi. Akibat perbedaan karakter ini, Lina tumbuh menjadi orang yang tidak mudah kecewa dan selalu bergembira. Ia sering tertawa jika ada sesuatu yang lucu atau bahkan menertawakan dirinya sendiri ketika melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukannya. Sementara Leni menjadi orang yang sering murung dan cenderung pesimis. Ia selalu menyalahkan orang lain ketika sesuatu yang terjadi tidak seperti apa yang ia inginkan dan sulit sekali tertawa ketika ada yang lucu.

Hati yang gembira terlihat dari wajah yang berseri-seri dan ekspresi tertawa. Para peneliti telah melakukan penelitian tentang hubungan antara tertawa dan kesehatan. Salah satu penelitian dari Loma Linda University menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya ingat orang dewasa pada usia 60 dan 70-an. Fakta tentang tertawa lainnya pun menunjukkan bahwa tertawa memang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatur kadar gula darah, dan memperbaiki pola tidur. Bergembira merupakan salah satu manifestasi rasa syukur. Orang yang selalu bersyukur biasanya hatinya selalu gembira. Sebaliknya mereka yang tidak pernah mensyukuri apa yang ada, hatinya tidak merasakan kegembiraan. Kata ‘bersyukur’ di dalam Alkitab dituliskan sebanyak 59 kali, sedangkan kata ‘syukur’ dituliskan sebanyak 126 kali dalam Alkitab. Mengapa kedua kata ini cukup banyak ditulis dalam Alkitab? Jawabannya adalah karena bersyukur merupakan salah satu kata kunci untuk menumbuhkan iman kita kepada Tuhan dan iman inilah yang menarik kuasa Allah untuk menjawab doa kita.

Dalam segala situasi dan kondisi yang terjadi dalam hidup kita, teruslah bersyukur dan bergembira. Dengan bersyukur dan bergembira, sebenarnya kita sedang menunjukkan hati dan iman kita yang percaya kepada Tuhan beserta segala rancangan-Nya yang terbaik. Iman percaya kita itulah yang akan menarik jawaban doa dari Tuhan terjadi atas hidup kita.

RENUNGAN:
HATI YANG GEMBIRA membuat DOA kita DIDENGAR dan DIJAWAB TUHAN

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda sulit untuk bergembira?
2. Mengapa hati yang bersyukur bisa membuat iman kita bertumbuh?
3. Menurut Anda, mengapa hati yang gembira sangat berkaitan dengan jawaban doa?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa, terima kasih buat Rhema hari ini. Ampuni kami jika selama ini kami kurang bersyukur. Roh Kudus tolong kami untuk selalu mengingat akan kebaikanMu dan bersyukur untuk semua yang Engkau ijinkan kami alami. Di dalam Nama Yesus kami berdoa, Amin.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

[pexcirclecta pex_attr_small_title=”” pex_attr_title=”Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!” pex_attr_button_text=”Ya! Saya Mau Bergabung!” pex_attr_button_link=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281325442484&text=Shalom!%20Saya%20rindu%20bergabung%20di%20Gereja%20Internet%20Keluarga%20Allah!” pex_attr_button_link_open=”same” pex_attr_button_color=”23d17a”][/pexcirclecta]

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah