DASAR PENJANJIAN TUHAN (REKA)

13 Februari 2023 admin Renungan Keluarga Allah

DASAR PENJANJIAN TUHAN (REKA)

[vc_row][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Worship Audio

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

ReKA Audio & Video

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/3″][vc_column_text]

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 36-37; Kisah Para Rasul 15: 22-41

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

RHEMA HARI INI
Keluaran 34:27 Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: ”Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan Israel.”

Pak Iwan membeli rumah dari Pak Heru, seorang pengusaha yang sudah lama dikenalnya. Berbekal pengalaman pertemanan tersebut, Pak Iwan tidak membaca dengan rinci isi perjanjian jual beli yang disiapkan oleh Pak Heru. Setelah 6 bulan menempati rumah tersebut, tiba-tiba 2 orang berbadan kekar mendatangi rumah tersebut dan meminta Pak Iwan dan keluarganya meninggalkan rumah tersebut karena di dalam perjanjian jual beli, tertulis bahwa pembeli wajib melunasi hutang dalam jangka waktu enam bulan, dan jika tidak, rumah tersebut akan disita oleh lembaga pemberi pinjaman. Sayangnya, Pak Iwan tidak membaca isi surat perjanjian tersebut karena menganggap temannya tidak akan mencurangi dirinya.

Walaupun Pak Iwan dan keluarganya luput dari masalah tersebut karena bisa bernegosiasi dengan pemilik lembaga tersebut, namun mereka mendapat pelajaran berharga, yaitu sebelum menandatangani surat perjanjian, harus membaca isi surat perjanjian tersebut dan memahami isinya terlebih dahulu. Ini hanyalah sepenggal cerita dalam film, tetapi terjadi juga di alam nyata. Kita sering lalai dalam membaca sesuatu hal yang penting seperti dokumen perjanjian karena mengandalkan kekuatan yang kita miliki. Padahal terkadang yang terjadi di luar harapan kita dan akhirnya kita kecewa.

Allah telah membuat perjanjian berkat dengan manusia yang tertuang dalam dokumen penting yang dinamakan Alkitab. Di dalam Alkitab tertulis apa yang menjadi kewajiban manusia dan apa yang akan dikerjakan Allah, apa yang menjadi Hak manusia dan juga apa yang menjadi Hak Allah. Selain itu, apa yang menjadi sangsi jika kewajiban tidak dilaksanakan juga tertuang di dalam dokumen tersebut. Terkadang kita tidak membaca Alkitab dengan teliti, sehingga saat menghadapi kesulitan, kita terpuruk karena tidak tahu harus berbuat apa. Padahal jika kita membaca Alkitab dengan teliti, kita bisa mendapatkan jawaban atas permasalahan kita di sana. Ada janji Allah, ada jalan keluar dan yang pasti ada pengharapan yang tidak pernah mengecewakan kita di dalam Alkitab. Mari kita mempunyai kerinduan untuk senantiasa membaca Alkitab dengan teliti, sehingga kita menjadi lebih bijak menghadapi hidup ini. Amin. (AM)

RENUNGAN
DASAR PERJANJIAN TUHAN dengan KITA adalah FIRMAN TUHAN

APLIKASI
1. Pernahkan Anda membaca perjanjian berkat antara Allah dan Manusia di dalam Alkitab?
2. Menurut Anda, apakah penting mengetahui perjanjian berkat antara Allah dan Manusia?
3. Bagaimana caranya agar kita dapat mengalami berkat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa, terima kasih untuk rhema hari ini. Ampuni kami karena kami selama ini sering lalai membaca FirmanMu. Roh Kudus tolong kami agar kami senantiasa membaca FirmanMu sehingga kami beroleh hati yang bijaksana dalam menghadapi setiap tantangan dalam hidup ini. Terima kasih Tuhan, Di dalam Nama Yesus kami berdoa, Amin.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

[pexcirclecta pex_attr_small_title=”” pex_attr_title=”Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!” pex_attr_button_text=”Ya! Saya Mau Bergabung!” pex_attr_button_link=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281325442484&text=Shalom!%20Saya%20rindu%20bergabung%20di%20Gereja%20Internet%20Keluarga%20Allah!” pex_attr_button_link_open=”same” pex_attr_button_color=”23d17a”][/pexcirclecta]

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah