TUHAN MEMBERKATI ANAK-ANAK-NYA MELALUI PERSEPULUHAN

10 Februari 2024 Tim Penulis Renungan Renungan Keluarga Allah

TUHAN MEMBERKATI ANAK-ANAK-NYA MELALUI PERSEPULUHAN

RHEMA HARI INI
Ulangan 14:28-29 28 Pada akhir tiga tahun engkau harus mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan menaruhnya di dalam kotamu; maka orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.”
Sedari kecil, Vika sudah sering mendengarkan kotbah tentang persepuluhan. Sehingga saat dia beranjak dewasa, Vika pun menjalankan apa yang sering didengarnya itu, yaitu memberikan persepuluhan. Setiap kali Vika menerima gaji bulanannya, ia selalu mengambil sepersepuluh terlebih dahulu untuk diserahkan ke gereja. Vika tak pernah melewatkan untuk memberi persepuluhan dari apa yang diperolehnya. Itu sebabnya anugerah Tuhan begitu nyata dalam hidup Vika, ia selalu saja tidak pernah kekurangan, selalu ada berkat yang Tuhan kirimkan ketika ia membutuhkan.

Namun, suatu waktu, Vika mendapati adanya pengeluaran yang lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya. Vika bingung, apakah tetap memberikan persepuluhan atau memakai uang persepuluhannya untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya itu. Dengan berat hati, Vika akhirnya melewatkan persepuluhan di bulan itu. Namun selanjutnya Vika merasa keuangannya menjadi selalu tidak cukup di bulan itu. Ia juga tidak merasakan damai sejahtera karena tidak memberikan persepuluhan. Vika menyadari kesalahannya dan segera meminta ampun pada Tuhan dan ia kembali berkomitmen setia memberikan persepuluhan.

Tahukah kita bahwa hati Bapa itu sangat rindu untuk memberkati anak-anak-Nya? Salah satu cara yang Tuhan pakai untuk memberkati kita adalah melalui persepuluhan. Karena itu, jika kita tidak mengembalikan persepuluhan, artinya kita sedang mencuri kesempatan Tuhan memberkati kita. Seperti Bangsa Israel yang dianggap merampok atau mencuri kesempatan dari Tuhan karena tidak lagi memberikan persepuluhan. Oleh karena itu, marilah kita membuat komitmen baru untuk setia dalam memberikan persepuluhan. Meskipun keadaan saat ini tidak pasti, Tuhan menjanjikan adanya kepastian bagi kita. Bukan itu saja, janji Tuhan akan pelipatgandaan pun akan digenapi saat kita setia dalam persepuluhan. (LEW)

RENUNGAN:
PERSEPULUHAN adalah cara Bapa Sorgawi MEMBERKATI anak-anakNya.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah memberikan persepuluhan? Jika belum, mengapa?
2. Apa yang menjadi penghalang Anda dalam memberikan persepuluhan ?
3. Sebutkan komitmen Anda dalam persepuluhan di tahun 2024 ini!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, mampukanlah kami untuk setia dalam memberikan persepuluhan. Kami percaya, saat kami setia, Engkau akan memberkati kami lebih lagi dan ada kepastian saat kami taat melakukan kehendak-Mu. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 28-29; Kisah para rasul 13:1-25

Anda rindu mengalami pertumbuhan rohani bersama Keluarga Allah