Menyunat Hati Dan Kedagingan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Ulangan 10:12-22

RHEMA HARI INI
Ulangan 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

Ada sebuah kios yang sangat terkenal di sebuah desa. Kios itu menjual semangka, pemiliknya sangat ahli dan bisa menyebutkan dengan tepat berat sebuah semangka tanpa harus menimbangnya. Suatu hari datang seorang pria hendak membeli semangka. Tanpa ditimbang pemilik kios itu mengatakan berat semangka yang ini 1,3 kg dan yang itu 1,5 kg. Pembeli itu tidak percaya, lalu ia mengambil kedua semangka itu dan menimbangnya. Benar saja, berat keduanya tepat sama seperti yang dikatakan penjualnya. Pembeli itu lalu mengambil sebuah semangka besar dan mengatakan jika si pemilik kios dapat dengan tepat menyebutkan beratnya, maka ia akan memberi segepok uang sebagai hadiah.

Pemilik kios dengan gembira menerima tantangan tersebut, dengan hati-hati diangkat dan di timang-timangnya semangka dengan tangannya. Setelah ragu sejenak, pemilik kios itu akhirnya menjawab,”Beratnya 1,3 kg.” Setelah ditimbang ternyata berat semangka itu 1,5 kg. Segepok uang, mengacaukan suasana hati pemilik kios. Ia kehilangan ketrampilan dan keahlian naturalnya yang biasanya sangat tepat. Ketepatan sangat dipengaruhi oleh kemurnian hati, sehingga saat hati si pemilik kios mulai tercemar oleh keserakahan dan keinginan memiliki yang sebenarnya bukan haknya, ketepatannya pun hilang.

Untuk memurnikan hidup kita, Tuhan ingin kita menyunat hati dan kedagingan kita. Membersihkan diri dengan meninggalkan semua dosa dan kebiasaan buruk kita. Jangan ragu membuang segala sesuatu yang tidak berkenan bagi Tuhan. Dendam, sakit hati, kecewa, janganlah disayang-sayang, singkirkan dengan segera dari hati kita. Jaga mulut dan hati kita dari semua yang tidak baik. Jangan lagi percaya segala ramalan ataupun hal-hal yang berbau okultisme dan penyembahan berhala. Mari kita makin serius untuk mengejar hidup dalam kekudusan. Sebab hanya mereka yang murni hatinya lah yang akan bisa memasuki tanah perjanjian di tahun kemuliaan Tuhan ini.

RENUNGAN
Untuk MEMURNIKAN HIDUP kita, Tuhan ingin kita MENYUNAT HATI dan KEDAGINGAN kita dari semua dosa serta kebiasaan buruk.

APLIKASI
1.    Mengapa Tuhan ingin agar Anda memurnikan hidup Anda?
2.    Hal apa saja yang selama ini membuat hidup Anda tidak murni? Masihkah ada dosa atau kebiasaan buruk yang Anda simpan?
3.    Apa komitmen Anda untuk mulai memurnikan hidup Anda? Buatlah janji di hadapan Tuhan dan segera laksanakan.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampunilah segala pelanggaran kami baik yang kami sengaja maupun tidak. Tolong tunjukkan pada kami Tuhan, apa saja yang tidak berkenan bagi-Mu. Kuatkan dan teguhkan kami untuk dengan segera memangkas dan memotong dosa dan kebiasaan buruk kami. Bersama Engkau, kami pasti mampu meninggalkan dan mulai hidup dalam kekudusan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.