Masuk Dalam Rencana Tuhan Yang Besar Dan Ajaib [RESIKA]

BACAAN HARI INI
2 Timotius 2:14-26

RHEMA HARI INI
2 Timotius 2:21 Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia.

Sejak dahulu harga emas selalu naik dan hampir tidak pernah turun. Bahkan akhir-akhir ini harganya naik cukup tinggi. Sehingga banyak orang suka membeli emas karena selain dapat digunakan sebagai perhiasan, emas juga memiliki nilai investasi yang baik dan cukup stabil. Juga pamor emas tidak lekang oleh waktu. Tidak peduli saat ini maupun berabad-abad yang lalu, emas selalu menjadi logam yang berharga mahal.

Di pasaran, ada beberapa jenis emas dengan harga yang berbeda-beda juga. Ada emas dengan kadar 18 karat, 22 karat dan 24 karat. Emas 24 karat mempunyai kadar kemurnian emas mencapai 99,99% sehingga sering disebut sebagai emas murni. Semakin tinggi kadar kemurnian emas, tentu saja semakin tinggi juga harganya. Karena untuk mendapatkan tingkat kemurnian yang tinggi, emas harus melalui proses yang cukup rumit. Baik melalui serangkaian proses kimia atau pemanasan dengan menggunakan api untuk memisahkan emas dari unsur-unsur logam lainnya. Sampai akhirnya jadilah emas sesuai dengan kadar yang diinginkan.

Di Alkitab, hidup kita pun diibaratkan seumpama emas (1 Petrus 1:7) yang berarti kita pun harus melalui serangkaian proses pemurnian agar kita mempunyai kualitas tinggi. Karena rencana Tuhan dalam hidup kita adalah mulia, kita tidak bisa hidup sebagai anak Tuhan yang gampangan. Untuk menyingkirkan segala unsur-unsur duniawi dan kedagingan, setiap anak Tuhan membutuhkan proses pemurnian. Dan yang namanya sebuah proses pemurnian memang tidak pernah mengenakkan. Tetapi saat kita memilih untuk taat dan mengijinkan Tuhan memurnikan hidup kita, maka Tuhan akan membawa kita masuk ke dalam rencana-Nya yang besar dan ajaib. Sehingga kemuliaan Tuhan sungguh-sungguh dapat dinyatakan melalui hidup kita.

RENUNGAN
Ketika kita MEMILIH UNTUK TAAT memurnikan hidup kita, Tuhan akan membawa kita MASUK dalam RENCANA-NYA yang BESAR dan AJAIB.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mau taat memberikan hidup Anda untuk dimurnikan?
2. Menurut Anda, mengapa proses pemurnian itu diperlukan?
3. Apa yang menjadi komitmen Anda untuk mengambil langkah taat dan memurnikan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ini kami, anak-anak-Mu yang mau Engkau pakai menjadi alat-Mu. Kami mau belajar taat memberikan hati dan hidup kami untuk Kau proses dan murnikan, supaya rencana-Mu dalam hidup kami boleh tergenapi. Karena kami tahu rencana-Mu di dalam hidup kami sungguh sangat besar dan mulia. Terjadilah kepada kami seturut kehendak-Mu, ya Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.