SEMAKIN MENDEKAT PADA ROH KUDUS DI SAAT SULIT [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 19:1-15

RHEMA HARI INI
Mazmur 19:8 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.

Setiap hari hampir semua stasiun televisi menayangkan berita tentang Corona. Membuat ketakutan, kekhawatiran dan kecemasan datang menghampiri. Begitupun dengan bu Feli. Semenjak pandemi ini, bu Feli menghadapi banyak tantangan dan pergumulan. Suaminya yang tidak bisa bekerja karena selama corona kantornya belum beroperasi kembali. Sementara ada tagihan yang harus dibayar dan biaya kehidupan yang harus dicukupi. Apalagi anak keduanya yang berusia 16 bulan perlu perawatan yang ekstra.

Saat menghadapi masa-masa sulit ini, bu Feli belajar menyandarkan hidupnya pada Tuhan. Ia berusaha tidak menjauh dari Roh Kudus, tetapi justru semakin mendekat kepada-Nya. Ibu Feli percaya pertolongan satu-satunya hanya ada pada Tuhan Yesus. Oleh karena itu, bu Feli mengisi hari-harinya dengan selalu memuji Tuhan, berdoa dan membaca Firman Tuhan. Dengan begitu, bu Feli mendapatkan kekuatan baru dari Tuhan untuk menghadapi kesulitan dalam hidupnya. Tuhan pun memberikan hikmat kepadanya untuk mulai menjual makanan secara online. Kebetulan ibu dan suaminya pandai memasak. Pesanan makanan setiap hari selalu ada dan suami bu Feli diminta untuk membantu usaha saudaranya di luar kota. Bu Feli sangat bersyukur, Tuhan selalu menyediakan berkat-berkat tak terduga kepada keluarganya.

Bisa jadi kesulitan yang sama juga sedang kita hadapi saat ini. Diberhentikan dari tempat bekerja, tidak ada penghasilan, sementara tagihan dan tuntutan biaya hidup harus kita penuhi. Kebingungan, keputusasaan bisa dengan mudah terjadi jika kita menjauh dari Roh Kudus. Tetapi sebaliknya, jika kita mengisi hidup kita dengan Firman Tuhan, kita akan dipenuhi dengan kesegaran baru yang akan membangkitkan semangat kita. Semangat untuk menghadapi dan menjalani hidup penuh kepastian dengan Tuhan. Dunia boleh bergoncang, tetapi anak-anak Tuhan harus tetap kuat tak tergoyahkan menghadapi situasi sesulit apapun. Inilah saatnya angin utara berhembus membawa kesegaran baru dalam hidup dan keluarga kita. Percayalah angin utara itu akan menolong, menguatkan dan memampukan kita menghadapi semuanya. Oleh karena itu, janganlah menjauh dari Roh Kudus, tetapi isilah hidup kita dengan berdoa, memuji Tuhan serta membaca, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan. (LEW)

RENUNGAN
Ketika dalam situasi yang sulit JANGAN MENJAUH dari Roh Kudus, sebaliknya isilah hidup dengan FIRMAN TUHAN yang memberi KESEGARAN.

APLIKASI
1. Kesulitan apa yang sedang Anda alami saat ini?
2. Bagaimana cara Anda menghadapinya selama ini?
3. Mengapa Anda tidak boleh menjauh tapi justru makin mendekat pada Roh Kudus saat situasi sulit?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, Engkau tahu apa yang sedang kami hadapi saat ini. Meskipun tantangan, kesulitan menghampiri kami, kami percaya Engkau akan menolong kami. Ajarilah kami semakin mendekat kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.