TETAP BERIMAN SEKALIPUN BELUM ADA PERUBAHAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:7 –sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat—

Ketika kita mendengar seseorang memperkatakan sesuatu yang berkebalikan dengan kenyataan, mungkin hati kita akan merasa geli atau kasihan. Mungkin kita akan menganggap orang itu sudah demikian putus asa sehingga akhirnya berhalusinasi. Ketika seorang ibu dari keluarga yang sangat-sangat miskin, tumpang tangan atas anak lelakinya dan berkata bahwa ia kelak akan menjadi orang yang besar! Jutaan orang akan mendengarkan suaramu! Mungkin orang yang mendengarnya akan tertawa, sebab mereka masih tetap miskin sampai bertahun-tahun kemudian. Inilah yang terjadi dalam kehidupan Pastor Adeboye. Sejak kecil ibunya yang tidak mampu memberinya uang saku, sebagai gantinya akan tumpang tangan setiap malam dan memberkatinya. Kenyataannya sampai Pastor Adeboye besar, keadaan keluarga mereka tetap belum berubah. Tetapi iman yang tidak mudah menyerah dan tetap percaya sekalipun keadaan belum berubah, pada satu titik akhirnya benar-benar menjadikan yang tidak ada, menjadi ada.

Dalam 2 Korintus 5:7 rasul Paulus mengatakan, “sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.” Inilah yang memberi kekuatan bagi kita orang percaya untuk tetap teguh dalam iman meskipun masalah kita masih tetap ada. Apa yang terjadi di dunia ini sifatnya tidak kekal atau fana, yang terus berubah-ubah dari waktu ke waktu. Apa yang kita lihat saat ini, bisa jadi besok hari sudah tidak sama lagi. Hanya Tuhan dan Firman-Nya yang tidak pernah berubah dari dulu, sekarang sampai selama-lamanya. Taruhlah kepercayaan kita pada Tuhan dan janji-janjiNya, maka apa yang kita lihat tidak lagi akan menggoyahkan iman kita.

Saat ini mungkin keluarga kita masih tetap bermasalah sekalipun kita terus mendoakannya. Pasangan, anak atau orang tua kita masih belum berubah, bahkan mungkin malah bertambah buruk keadaannya. Namun tetaplah beriman untuk pemulihan keluarga kita. Tetap optimis bahwa Tuhan kita ahlinya merubah keadaan. Tak ada sulitnya bagi Tuhan untuk membalikkan hati keluarga kita. Hari ini kalau iman kita sempat goyah dan hilang untuk pemulihan keluarga, maka hari ini bangkit dan dapatkan kembali iman kita. Percaya bahwa keluarga kita bisa diubahkan dan dipulihkan Tuhan!

RENUNGAN
BERIMAN untuk pemulihan keluarga berarti TETAP percaya SEKALIPUN keluarga kita MASIH BERMASALAH.

APLIKASI
1. Adakah sesuatu yang sedang Anda perjuangkan dalam hubungan keluarga Anda saat ini? Sebutkanlah.
2. Apa saja yang telah Anda lakukan sejauh ini?
3. Saat Anda tetap berfokus pada Tuhan dan janji-Nya, apakah keadaan yang Anda lihat masih mempengaruhi Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa terima kasih atas rhema-Mu hari ini. Urapi kami untuk dapat melihat dengan mata Roh kami, sehingga kami dapat hidup dengan percaya. Percaya akan janji pemulihan keluarga yang akan Engkau kerjakan atas setiap kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.