DALAM KESATUAN ADA PEMULIHAN KELUARGA [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Pengkhotbah 4:7-16

RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 4:12 Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Pada tahun 1971 sebuah surat kabar New York menuliskan kisah tentang sebuah keluarga yang hidup di Georgia, dimana kepala rumah tangga keluarga ini tidak menjalankan perannya dengan baik. Alih-alih menyayangi istri dan anaknya, ia justru kerap kali memukuli mereka. Bahkan ia pun sering pulang larut malam dalam keadaan mabuk. Lalu suatu malam ia mencuri tabungan satu-satunya milik sang istri, dan pergi dari rumahnya merantau ke New York untuk mencoba memulai bisnis baru. Namun pada akhirnya bisnis itu gagal dan ia mulai kekurangan uang. Sehingga ia memutuskan untuk menjalankan bisnisnya dengan cara yang ilegal dengan memalsukan cek dan menipu. Sampai suatu hari ia tertangkap polisi dan dipenjarakan.

Di penjara, pria itu menyesali perbuatannya dan sangat merindukan istri dan anaknya. Kemudian mendekati masa pembebasannnya, ia menuliskan surat untuk keluarganya. Ia menceritakan tentang apa yang terjadi dan juga penyesalannya. Kemudian ia berpesan kepada istrinya untuk menyematkan sebuah pita kuning di pohon dekat rumahnya, bila mereka masih mau menerimanya kembali. Namun yang tidak ia ketahui adalah bahwa istri dan anaknya senantiasa mendoakannya dan menanti-nantikan kepulangannya. Sehingga ketika tiba saatnya ia pulang, yang dilihatnya tidak hanya satu buah pita kuning, tetapi ada ratusan pita kuning yang disematkan di pohon tersebut.

Dalam kesatuan, kita dan sesama anggota keluarga akan menjadi kuat. Tak peduli ada masalah apapun di hadapan kita, apabila kita menghadapinya bersama-sama tentu masalah tersebut akan menjadi lebih ringan. Sama seperti kisah di atas, ketika ada kesatuan dalam keluarga, ibu dan anak berdoa bersama untuk sebuah pemulihan, maka cepat atau lambat, kuasa Tuhan akan dinyatakan. Hati yang keras akan Dia lembutkan, hubungan yang rusak pun akan Dia pulihkan

RENUNGAN
Mintalah kepada Tuhan agar ROH KESATUAN mengalir dalam keluarga kita, sebab dalam kesatuan, PEMULIHAN KELUARGA terjadi.

APLIKASI
1. Sudahkah ada kesatuan dalam keluarga Anda?
2. Mengapa kesatuan dalam keluarga sangatlah penting?
3. Pikirkanlah bagaimana caranya agar Anda dapat mempererat kesatuan dalam keluarga Anda.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan terima kasih untuk berkat-Mu bagi keluarga kami. Kami percaya dalam kesatuan ada berkat mengalir yang Engkau sediakan bagi keluarga kami, dan salah satunya adalah berkat pemulihan keluarga. Oleh karena itu, pakailah hamba-Mu ini, ya Tuhan, untuk bisa menjadi sarana membawa kesatuan di dalam keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.