Pertobatan Mendatangkan Angin Pengampunan [RESIKA]

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Johny dan kakaknya Sally berkunjung ke pertanian kakek dan neneknya. Johny diberi sebuah katapel untuk dimainkan. Johny terus berlatih tapi dia tidak pernah bisa menembak tepat pada sasaran menggunakan katapel. Dengan kecewa, dia kembali untuk makan malam. Saat berjalan pulang, dia melihat bebek peliharaan Nenek. Masih dalam keadaan kesal, ia membidik bebek tersebut dengan katapelnya dan mengenai kepalanya. Bebek itu pun mati. Johny terkejut dan sedih. Dengan panik, dia menyembunyikan bangkai bebek itu di tumpukan kayu.

Kakaknya Sally melihat apa yang terjadi, tapi dia tidak mengatakan apa-apa. Setelah makan siang keesokan harinya nenek berkata,”Sally, ayo kita cuci piringnya.” Tapi Sally berkata,”Nenek, Johnny bilang dia ingin membantu di dapur. “ Lalu dia berbisik kepada Johny,”Ingat si bebek?” Wajah Johny memucat, dan terpaksa mencuci piring. Keesokan harinya Sally pergi memancing, sedangkan Johny kembali diancam Sally agar tinggal dan membantu nenek di dapur. Setelah beberapa hari, Johny akhirnya tidak tahan lagi. Dia mendatangi Nenek dan mengaku telah membunuh bebeknya. Nenek berlutut, memeluknya dan berkata,”Sayang, nenek tahu. Nenek berdiri di jendela dan melihat semuanya, tapi nenek memaafkanmu karena nenek mencintaimu. Nenek hanya bertanya-tanya, berapa lama kau akan membiarkan Sally memanfaatkan kamu.”

Sama halnya dengan kisah diatas, banyak orang yang menutup-nutupi dosa mereka. Berbuat seolah tak ada apa-apa dan berpikir bahwa tidak ada orang yang mengetahuinya. Memang kita bisa membohongi orang lain, tapi kita tidak bisa membohongi diri kita sendiri. Hati kita kehilangan damai sejahtera dan iblis menggunakan dosa itu untuk mengintimidasi kita. Hanya jika kita mengakui dosa kita dan bertobat, maka Tuhan pasti akan mengampuni dan memerdekakan kita. Hari ini, jika masih ada dosa yang tersembunyi, pesan Firman Tuhan berkata, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil…”(1 Yohanes 1:9a). Jangan biarkan iblis mengambil keuntungan dua kali ganda, segera datang pada Tuhan. Akui dan mintalah pengampunan. Bertobat sungguh-sungguh dan lihatlah angin Roh Kudus dari barat akan meniup habis semua dosa dan memberi kita kelegaan yang sejati.

RENUNGAN

Ketika kita mau MENGAKUI DOSA dan BERTOBAT, maka ANGIN PENGAMPUNAN dari Roh Kudus akan berhembus di tengah-temgah kita.

APLIKASI

  1. Apa yang Anda rasakan ketika Anda menyembunyikan suatu kesalahan atau dosa?
  2. Apa dampak yang di timbulkan dari dosa yang Anda coba sembunyikan?
  3. Apa komitmen Anda setelah mengetahui hanya lewat pengampunan Tuhanlah hidup Anda akan di pulihkan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami sangat mengucap syukur atas segala kebaikan dan kemurahan-Mu dalam hidup kami. Ampuni kami ya Tuhan atas segala dosa yang telah kami lakukan, ajar kami agar kami bisa berjalan dalam jalan-Mu dan tuntunan-Mu, sehingga kami terus hidup dalam kebenaran dan jauh dari dosa. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin