Tuhan Yang Memberikan Instruksi Dengan Sangat Jelas [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Kejadian 6:9-22

RHEMA HARI INI

Kejadian 6:15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.

Tahun 1998 merupakan tahun yang sangat kelam bagi bangsa Indonesia. Kerusuhan besar di bulan Mei membuat perekonomian Indonesia lumpuh dan mengalami resesi besar-besaran. Dalam kesaksiannya, Pastor Obaja bercerita, saat itu beliau sedang mengirim putranya pak Jonathan untuk belajar teologia di luar negeri. Tepat sebelum kerusuhan Mei 98 pecah, Tuhan memberikan instruksi yang sangat jelas pada beliau untuk menyediakan dana pendidikan dalam bentuk mata uang Dollar. Seluruh dana yang dibutuhkan sampai putranya selesai menempuh pendidikan, baik dana kuliah dan juga biaya hidup sampai lulus. Pastor Obaja pun menuruti instruksi dari Tuhan dan menukarkan Rupiah menjadi Dollar sejumlah perkiraan biaya yang dibutuhkan. Benar saja, tak lama setelah kerusuhan, nilai tukar Dollar melonjak naik hingga 5 kali lipat lebih. Berkat instruksi dari Tuhan, maka pembiayaan sekolah pak Jonathan tidak mengalami masalah sampai beliau lulus.

Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat bertanggung jawab dan tidak pernah lepas tangan begitu saja. Salah satu bentuk tanggung jawab Tuhan adalah Dia selalu memberikan instruksi yang sangat jelas kepada orang yang diberi-Nya mandat. Tuhan memberi instruksi yang sangat detail kepada Nuh, bagaimana dia harus membangun bahtera. Hewan apa saja yang harus dibawanya masuk dan berapa pasang. Begitupun dengan Musa, dengan detail Tuhan menunjukkan bahan, bentuk, ukuran, cara membuat dan siapa saja yang akan mengerjakan tabernakel Musa. Di zaman perjanjian baru pun Tuhan Yesus memberi instruksi yang jelas ketika Dia memberi tugas untuk murid-muridNya.

Semua itu adalah bukti bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang memberikan instruksi dengan sangat jelas. Tuhan yang mau berbicara bila kita meminta dan menanti-nantikan petunjuk-Nya. Belajarlah untuk mulai sekarang mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Apapun yang hendak kita kerjakan, mintalah pertimbangan dan petunjuk dari Tuhan. Nantikan instruksi-Nya sampai jelas dan mulailah melangkah dengan penuh kepastian.

RENUNGAN

Tuhan adalah TUHAN yang memberikan INSTRUKSI dengan SANGAT JELAS.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda meminta instruksi dari Tuhan dalam setiap langkah yang akan Anda ambil?
2. Apa yang biasanya membuat Anda sulit untuk melakukan instruksi dari Tuhan walaupun sudah diberikan?
3. Apa komitmen Anda untuk belajar mematuhi dan melangkah sesuai instruksi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, kami bersyukur Engkau selalu memberi petunjuk dengan jelas atas setiap tantangan yang kami hadapi. Urapi hati dan pikiran kami agar kami dapat menangkap dengan baik setiap instruksi dari-Mu. Sehingga setiap langkah yang kami ambil, membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdo. Amin.