ISTRI YANG DIKASIHI AKAN MENJADI ISTRI YANG LUAR BIASA [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 10:1-32

RHEMA HARI INI
Amsal 10:12 Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Kalau dahulu yang selalu menjadi tokoh antagonis dalam keluarga, yang meninggalkan keluarga karena selingkuhannya, biasanya adalah para bapak, kini para ibu pun tidak mau ketinggalan. Bukan hal yang aneh jika kita mendengar seorang istri berselingkuh dan meninggalkan keluarganya hari-hari ini. Selain alasan ingin balas dendam, memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi pada pasangan atau sekedar ingin bersenang-senang, alasan yang paling mendasar sebenarnya adalah merasa diabaikan dan tidak dikasihi oleh pasangan. Mungkin dari sinilah istilah jablai muncul, jarang dibelai. Seorang istri yang merasa tidak dikasihi oleh suami memiliki rasa percaya diri yang rendah, sehingga mereka lebih mudah jatuh oleh rayuan pihak ke tiga. Mereka ingin merasa dihargai, diinginkan, dan dibutuhkan.

Wanita diciptakan sebagai mahluk yang lembut dan penuh perasaan, segarang apapun penampilan luarnya, mereka tetaplah seorang mahluk yang halus perasaannya. Sekecil apapun ungkapan kasih dari pasangan akan sangat berarti bagi wanita. Kalau seorang suami bisa bersikap penuh kasih pasa istrinya, maka sang istri akan sangat termotivasi untuk menjadi pasangan dan ibu rumah tangga yang luar biasa. Sebaliknya, kurangnya kasih yang diterima, membuat banyak hal yang negatif mulai bermunculan. Andai tidak berselingkuh, istri akan menjadi sangat cerewet, banyak menuntut atau justru sangat pendiam, tidak punya inisiatif, tertutup dan lain sebagainya. Yang kesemuanya membuat kehidupan rumah tangga menjadi sangat tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

Itu sebabnya Firman Tuhan mengajarkan, “Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. “ (Kolose 3:19). Jangan sampai sebagai suami, kita melakukan hal yang kasar dan memahitkan hati istri kita. Para suami tidak akan menerima keuntungan apa-apa jika istri sampai kepahitan. Justru dengan mengasihi istri, berarti para suami mengasihi dirinya sendiri (Efesus 5:28), sebab istri yang dikasihi akan membuat kehidupan suami menjadi indah, mudah dan menyenangkan untuk dijalani. Hari ini, belajarlah untuk mengasihi istri kita, tunjukkan bahwa kita membutuhkan dia, mendengarkan setiap ucapannya, menikmati kehadirannya dan berterimakasih atas semua yang telah ia lakukan untuk kita. Sebuah pelukan yang hangat, pijatan ringan atau kecupan sayang, akan membuat hari-hari kita dalam berkeluarga akan sangat jauh berbeda. (PF)

RENUNGAN
Kalau seorang suami bisa bersikap PENUH KASIH kepada istrinya, maka sang istri bisa menjadi PASANGAN dan IBU RUMAH TANGGA yang luar biasa.

APLIKASI
1. Bagi para suami, apakah Anda sudah menunjukkan kasih Anda pada istri Anda selama ini?
2. Dalam bentuk apa Anda menunjukkan bahwa Anda mengasihi istri Anda?
3. Apa yang Anda rasakan jika Anda tahu bahwa Anda dikasihi dan di butuhkan? Bisakah Anda memberikan hal yang sama pada pasangan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mengucap syukur atas pasangan hidup yang telah Engkau anugerahkan pada kami. Bukalah mata kami, agar kami dapat melihat segala kebaikan yang ada dalam diri pasangan kami. Tolong kami untuk dapat mengasihi mereka seperti Engkau telah mengasihi kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.