KESEIMBANGAN ANTARA KETEGASAN DAN KELEMBUTAN DALAM MERAWAT ANAK [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Amsal 29:1-27

RHEMA HARI INI
Amsal 29:17 Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Kona tumbuh dengan memiliki kepahitan terhadap ayahnya, karena sedari kecil Kona dibesarkan dengan pola asuh otoriter. Apapun yang terjadi di keluarganya harus atas persetujuan mutlak ayahnya. Segala keputusan harus mengikuti kehendak ayahnya tanpa adanya demokrasi atau diskusi terlebih dahulu. Dan apabila Kona tidak menurut, maka ayahnya tidak akan segan-segan menghajarnya. Kona memang tumbuh menjadi anak yang taat dan disiplin, namun diam-diam ia menaruh kebencian terhadap ayahnya. “Hidupku terasa seperti pendidikan militer setiap harinya,” ujarnya kepada Mona sahabatnya.

Berbeda dengan Kona, orang tua Mona sudah terlalu lama merindukan kehadiran buah hati. Maka dari itu saat akhirnya Mona lahir, ia menjadi anak yang sangat dimanja oleh kedua orang tuanya. Apapun yang Mona lakukan, seburuk apapun itu, ayah ibunya tak pernah sekalipun memarahinya. Sehingga Mona tumbuh menjadi anak yang sukar diatur dan egois. Ya, orang tua Mona hanya mencurahinya dengan kasih dan kelembutan saja. Sedangkan untuk membesarkan anak, tidak cukup hanya dengan kedua hal tersebut.

Di Ibrani 12:6 dituliskan bahwa Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak. Itu berarti, ketika kita memberikan hukuman kepada anak kita, bukan berarti kita tidak mengasihi mereka. Namun, justru karena kita mengasihi mereka dan kita menginginkan yang terbaik bagi mereka, maka kita harus tegas ketika anak-anak melakukan kesalahan. Supaya mereka belajar bertanggung jawab dan belajar dari kesalahan mereka. Tetapi kasih dan kelembutan juga perlu di tunjukkan ketika kita bersikap tegas, supaya anak-anak kita dapat menerima didikan kita dengan baik. Keseimbangan antara ketegasan dan kelembutan sangat diperlukan dalam pola asuh di keluarga agar anak-anak dapat memahami bahwa tindakan-tindakan tegas yang dilakukan orang tua adalah bentuk dari kasih mereka terhadap anak-anak.

RENUNGAN
Merawat anak butuh KESEIMBANGAN antara KETEGASAN dan KELEMBUTAN.

APLIKASI
1. Sudah adakah keseimbangan pola asuh dalam keluarga Anda?
2. Apa kecenderungan Anda selama ini dalam mendidik dan mengasuh anak-anak Anda? Keras, lembut, tegas atau yang lainnya?
3. Coba pikirkan dan renungkanlah, dimana Anda dapat memperbaiki pola asuh Anda agar menjadi seimbang?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih untuk keluarga yang sudah Engkau percayakan kepada kami. Berikanlah kami hikmat-Mu, ya Bapa, agar kami dapat menjalankan amanat untuk mendidik anak-anak yang sudah Engkau percayakan kepada kami sebaik-baiknya. Supaya kami boleh meneladani-Mu dengan memberikan kelembutan dan ketegasan yang seimbang dalam keluarga kami, sehingga anak-anak kami boleh tumbuh menjadi pribadi yang seturut kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.