TUHAN TIDAK PERNAH MENINGGALKAN PENYEMBAHNYA [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Ulangan 31:1-8

RHEMA HARI INI
Ulangan 31:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.”

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyembah adalah menghormati dengan mengangkat sembah. Menyembah juga bisa diartikan memuja sesuatu. Menyembah biasanya dilakukan oleh orang yang merendahkan diri sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap orang atau benda yang dihormati, dihargai dan dianggap lebih atau mempunyai kekuatan di atas segalanya. Contohnya rakyat menyembah raja, kita menyembah Tuhan.

Tuhan Yesus juga sangat menyukai penyembahan. Ketika masih hidup di dunia, Tuhan Yesus menerima banyak penyembahan dari orang-orang. Seperti orang kusta yang sujud menyembah, seorang kepala rumah ibadat yang menyembah-Nya karena anaknya baru saja meninggal dan perempuan Kanaan yang menyembah Tuhan meminta pertolongan. Ketika mereka datang menyembah, hati Tuhan Yesus tidak tahan. Ia tidak tahan untuk tidak memberkati bahkan mengerjakan mujizat bagi mereka. Dan lihatlah yang terjadi dengan orang-orang yang datang menyembah-Nya. Orang kusta yang datang kepada Yesus dan menyembah-Nya dalam keadaan kusta, secara ajaib bangkit sudah dalam keadaan tahir dan sembuh. Anak perempuan kepala rumah ibadat dibangkitkan dari kematiannya. Bahkan mujizat yang tidak Tuhan rencanakan, dikerjakan-Nya bagi perempuan Kanaan itu.

Menyembah bukanlah sesuatu yang sulit dan membutuhkan biaya. Kita hanya perlu meluangkan hati dan waktu secara khusus datang kepada Tuhan. Di tengah kesibukan kita, pergumulan kita bahkan perjuangan kita, mulailah berkomitmen menyediakan waktu khusus untuk menyembah Tuhan. Seperti mujizat yang dilakukan Tuhan Yesus zaman itu, Iapun akan melakukan hal yang sama bagi kita. Seorang penyembah tidak pernah ditinggalkan Tuhan. Ketika kita sering menyembah, Tuhan akan dekat dengan kita. Hati-Nya tidak akan tahan untuk tidak melakukan mujizat bagi kita. Sesederhana apapun bentuk penyembahan kita, asal keluar dari hati, Tuhan Yesus sangat menyukainya. Oleh karena itu, jadilah penyembah-penyembah Tuhan yang sungguh-sungguh, penyembah yang menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran. Percayalah kita pasti akan mengalami keajaiban penyembahan dalam hidup kita. Saat kita melakukan penyembahan, tanpa kita sadari berbagai mujizat seperti kesembuhan, pemulihan keluarga, keuangan atau yang lainnya, sudah terjadi. (LEW)

RENUNGAN
Seorang PENYEMBAH tidak pernah DITINGGALKAN Tuhan.

APLIKASI
1. Mengapa Tuhan tidak pernah meninggalkan orang yang menyembah-Nya?
2. Apakah Anda sudah menyediakan waktu secara khusus untuk menyembah Tuhan? Jika belum apa sebabnya?
3. Sebutkan komitmen Anda dalam menyembah Tuhan.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mengucap syukur untuk kebaikan-Mu, pemeliharaan-Mu dan perlindungan-Mu di sepanjang hidup kami. Kerinduan kami selalu berada dekat dengan-Mu dan menyembah-Mu. Kami percaya Engkau selalu ada bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.