Roh Kudus Adalah Pihak Yang Berkuasa Menentukan Visinya

RHEMA HARI INI
Yohanes 14:26 “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Dua gadis remaja yang berumur 18 dan 16 tahun ini menceritakan tentang bagaimana mereka meninggalkan rumah dua kali setahun untuk melakukan perjalanan penginjilan sebulan penuh. Dengan dana kurang dari US$25 untuk bekal makanan dan ongkos perjalanan, mereka bergerak dari satu kota ke kota yang lain untuk memberitakan injil sampai ada yang bertobat. Biasanya, para petobat baru mengundang dua penginjil muda tersebut untuk tinggal di rumah mereka. Petobat baru itu juga mengundang teman-teman dan sanak kerabatnya untuk mendengarkan pemberitaan tentang Yesus. Setelah sebuah gereja berdiri di sebuah kota/desa, maka dua penginjil muda ini akan berpindah ke kota/desa yang lain. Seringkali mereka harus berteduh di bawah pohon atau tidur di alam terbuka jika tidak bisa menemukan tempat berteduh. Dalam sebuah perjalanan yang baru saja mereka lakukan, kaki mereka memar-memar dan mengalami pendarahan akibat melakukan perjalanan selama 40 hari menyusuri pinggiran kota. Namun dalam jangka waktu tersebut mereka telah mendirikan 18 gereja dengan anggota kurang lebih 40 orang setiap gereja. Dua penginjil muda itu sharing kalau mereka telah melihat banyak sekali tanda ajaib dan mujizat ketika mereka berdoa. Salah seorang dari penginjil itu mengatakan bahwa Allah rindu memberitakan Firman- Nya dan Iman untuk menyatakan apa yang Yesus dapat kerjakan dalam diri mereka. kata salah seorang dari mereka. Dalam perjalanan mereka minggu yang lalu di sebuah kota di tepi pantai, mereka memberitakan Injil pada sebuah pertemuan di tempat terbuka dan hasilnya lebih dari 10.000 orang menerima Kristus. Walaupun lelaki dan perempuan dari semua umur terlibat dalam penginjilan, wanita muda lebih banyak yang dikirim. Hal ini dikarenakan para penduduk lebih jarang mencurigai kedatangan mereka daripada jika ada dua orang pria asing yang masuk ke kota/desa mereka. Meskipun laporan tentang terjadinya tanda-tanda ajaib dan mujizat semakin meningkat, tidak ada satupun dari para pemimpin gereja bawah tanah yang meng-klaim keberhasilan itu sebagai usaha mereka sendiri. Para pemimpin gereja itu menyatakan bahwa mereka semua bersaudara dalam Yesus. Salah seorang dari pemimpin gereja itu mengatakan, “Kami yang disebut pemimpin pun hanya mengecap pendidikan sekolah dasar. Pendidikan kami tidak tinggi; bagaimana kami dapat melakukan pekerjaan sebesar ini? Namun saya percaya semua keberhasilan ini adalah pekerjaan Roh Kudus.”

Dalam kisah di atas dua gadis remaja tersebut menyerahkan sepenuhnya hidupnya pada pimpinan Roh Kudus sehingga ketika mereka mengikuti tuntunan Roh Kudus maka banyak jiwa yang diselamatkan. Jika manusia yang percaya pada Tuhan Yesus hidup dipimpin oleh Roh Kudus, maka orang tersebut tidak lagi hidup dalam daging (tabiat duniawi), tetapi dapat dikatakan orang beriman tersebut hidup di dalam penguasaan Roh Kudus. Orang yang dibawah pimpinan Roh hidupnya berbeda dengan kehidupan biasa, sebab hatinya rindu akan firman atau melakukan firman Tuhan, rindu berdoa atau bersaksi. Juga, berarti orang tersebut dapat tidak melakukan dosa, sebab hatinya takut akan Tuhan, jijik terhadap dosa, hati nuraninya juga bersuara dengan benar. Karena ini adalah suatu kerjasama, maka tentu saja kita tidak bias membuat visi sendiri. Karena dalam kerjasama ini, Roh Kudus adalah merupakan pihak yang berkuasa, maka Dia yang berhak untuk menentukan visi dalam kerjasama ini. Oleh karena itu dalam berpartner dengan Roh Kudus ini, ROH KUDUS ADALAH PIHAK YANG BERKUASA MENENTUKAN VISINYA, sedangkan kita mengikuti dan bekerjasama dengan-Nya untuk mewujudkannya. (ABU)

RENUNGAN
Dalam berpartner dengan Roh Kudus ini, ROH KUDUS ADALAH PIHAK YANG BERKUASA MENENTUKAN VISINYA, sedangkan kita mengikuti dan bekerjasama dengan-Nya untuk mewujudkannya.

APLIKASI
1. Sejauh mana anda berjuang mewujudkan visi Roh Kudus ?
2. Langkah apa saja yang sudah anda lakukan dan apakah itu sudah seperti yang Roh Kudus mau, coba anda evaluasi ?

DOA UNTUK HARI INI
Roh Kudus Engkaulah yang berkuasa menentukan visi, kami percaya visiMu sungguh luarbiasa. Kami ma uterus mengikutiMu untuk mewujudkanNya. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Bilangan Pasal 3-4
Kisah Para Rasul Pasal 4 ayat 1-22