Sediakan Hidup Untuk Dipakai Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 15-16
Yohanes 3:1-18

BACAAN HARI INI
Yesaya 6:1-8

RHEMA HARI INI
Yesaya 6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

Banyaknya yang harus dipikirkan dan dilakukan untuk menjamin kehidupan keluarganya membuat Hana yang melayani sebagai penulis renungan sering kehabisan ide. Hana bahkan memikirkan untuk rehat dari pelayanan dan lebih fokus pada pekerjaan sekulernya. Satu hari Minggu setelah ibadah, ibu Galuh, koordinator renungan harian gereja, mengajaknya bertemu dan menawarkan kesempatan melayani sebagai penulis tetap di gereja. Saat itu Hana terdorong langsung menyatakan bersedia. Ibu Galuh lalu memberikan gambaran tugas yang harus Hana kerjakan.

Malamnya Hana tidak bisa tidur, ia memikirkan tugas yang ternyata memungkinkannya harus membuat lebih dari satu tulisan tiap minggunya. “Apa aku terlalu terburu-buru mengiyakan? Satu saja kesulitan, apalagi beberapa.” Hati Hana menjadi sangat resah. Namun saat ia memandang suami dan anak-anaknya yang sedang tidur, sehat, tidak bercacat, serta keluarganya utuh sampai hari ini, hati Hana langsung diliputi rasa syukur. Kasih dan anugerah Tuhan pada keluarganya sungguh teramat melimpah. Hana merasa, sampai akhir hidupnya ia melayani Tuhan pun tidak akan cukup untuk membalas-Nya. Ia pun membulatkan tekadnya untuk menjawab panggilan Tuhan. Di luar dugaan, tugas pelayanan dapat dikerjakan dengan lancar, begitu pun pekerjaan sekulernya malah mengalami kemajuan.

Ya, siapa yang mau menyerahkan hidupnya dipakai Tuhan, pasti akan menerima anugerah yang melimpah. Tuhan juga pasti memberikan kasih karunia yang memampukan jika Dia menyuruh kita melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, apa pun panggilan kita, sediakan hidup kita untuk dipakai Tuhan. Baik itu tenaga, waktu, pikiran, talenta, harta, atau yang paling mudah, smartphone dan media sosial kita, untuk membagikan kabar baik, melayani, dan memperluas kerajaan Allah. Jangan ragu untuk berkata, “Ini aku, utuslah aku!” Ingatlah, Tuhan bisa pakai siapa saja yang jauh lebih mampu daripada kita. Adalah anugerah semata jika kita diberi kesempatan untuk melayani-Nya, sebab dengan demikian kita akan bertumbuh dalam anugerah, dari hari ke hari kita akan dibawa naik dan terus mengalami terobosan. (PF)

RENUNGAN
Saat kita MENYEDIAKAN HIDUP untuk mau DIPAKAI TUHAN, kita pasti akan menerima ANUGERAH YANG MELIMPAH.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menyediakan hidup Anda untuk melayani Tuhan?
2. Jika belum, apa yang menghalangi Anda?
3. Jika sudah, coba pikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk melayani lebih baik lagi?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sungguh amat bersyukur atas anugerah-Mu yang melimpah dalam hidup kami saat ini. Kasih setia-Mu tak berkesudahan. Tuhan, ini hidup kami, pakailah untuk kemuliaan dan kerajaan-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”