Semakin Serupa Dengan Yesus

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 03 September 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 6:27-36

RHEMA HARI INI

Lukas 6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

Seorang misionaris hilang di laut dan akhirnya terdampar di sebuah pulau. Penduduk sebuah desa terpencil menemukan dia setengah mati karena kelaparan. Mereka merawat dia sampai sehat kembali. Ia kemudian tinggal di antara orang-orang itu selama dua puluh tahun. Selama itu dia tidak pernah mengakui iman Kristennya, tidak menyanyikan lagu-lagu gereja, tidak menyampaikan khotbah apapun. Ia juga tidak pernah membaca Alkitab, juga tidak mengatakan ayat-ayat Alkitab. Bagaimanapun juga, bila ada penduduk yang sakit, ia mengunjunginya dan menolong sebisa mungkin. Bila mereka lapar, ia memberi mereka makanan. Bila mereka kesepian, ia menemani mereka. Ia mengajar yang tidak berpendidikan, dan datang menolong mereka yang menjadi korban perbuatan salah orang lain. Suatu hari serombongan misionaris datang ke desa itu dan mulai berbicara kepada penduduk tentang seseorang bernama Yesus. Setelah mendengar apa yang mereka katakan tentang pelayanan dan pengajaran Yesus, mereka bersikeras bahwa Yesus selama ini sudah tinggal di antara mereka, bahkan sudah duapuluh tahun lamanya. “Ayo, akan kami perkenalkan kalian pada orang yang kalian bicarakan itu.” Mereka mengantar misionaris itu ke sebuah gubug dimana mereka menemukan teman mereka yang telah lama hilang, si misionaris yang dikira telah mati.

Apakah orang lain melihat gambaran Yesus di dalam kehidupan Anda? Bagaimana hati yang memberi yang dimiliki oleh Yesus itu telah menguasai hidup Anda? Ya, kita manusia memang memiliki sebuah kecenderungan untuk bersikap egois, masa bodoh, dan tidak peduli dengan keadaan di sekeliling kita. Tetapi sebagai pengikut Kristus, sudah sepatutnyalah kita memancarkan terang kasih Kristus kepada sekeliling kita. Kalau kita merasa kita tidak punya kemampuan atau kekuatan untuk melakukannya, mintalah pertolongan dari Roh Kudus! Pasti Roh Kudus akan memampukan kita untuk bisa menjadi saksi bagi kemuliaan-Nya, sehingga orang lain bisa melihat gambaran Kristus yang penuh kasih itu ada dalam hidup kita.

RENUNGAN

Hati memberi membuat kita semakin SERUPA DENGAN YESUS.

APLIKASI

  1. Ujilah, sudahkah hidup Anda semakin hari semakin serupa dengan Tuhan Yesus?
  2. Mengapa Anda bisa menilai seperti itu?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa biarlah hidup kami terus dan makin serupa dan segambar denganMu sehingga melalui kehidupan kami banyak orang terberkati dan banyak orang dapat mengenalMu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kejadian 48-50