Semua Diawali Dari Satu Orang

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 3 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

Kisah 16:13-40

RHEMA HARI INI

Kisah 16:31 Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

Yerikho adalah kota benteng terkuat di Kanaan. Kota ini juga merupakan jalan masuk ke tanah perjanjian. Ketika sedang mengamati kota tersebut, dua pengintai yang diutus Yosua bertemu dengan seorang wanita sundal bernama Rahab. Saat itu, Raja Yerikho sudah mendengar keberadaan mereka dan ia pun mengirim orang untuk menangkap kedua pengintai ini. Namun Rahab menyembunyikan mereka. Sungguh tindakan yang sangat berani. Kalau kita membaca kitab Yosua, maka kita akan memahami, rupanya Rahab telah mendengar tentang kedahsyatan Allah Israel. Ia tahu bahwa kuatnya benteng Yerikho tidak dapat menyelamatkannya dan juga keluarganya dari kebinasaan. Untuk itu ia harus melakukan sesuatu secepatnya. Ia pun mengikat perjanjian dengan kedua pengintai Israel yang ditemuinya. Pada akhirnya, Rahab dan seisi rumahnya memperoleh keselamatan. Bukan hanya itu, Alkitab juga mencatat bahwa Daud berasal dari garis keturunannya, yang berarti ia juga adalah nenek moyangnya Tuhan Yesus.

Dari kisah ini, kita dapat melihat bagaimana keputusan Rahab seorang dapat membawa perubahan yang dahsyat bagi keluarganya. Setelah Yerikho ditaklukkan, mereka berdiam di antara orang Israel. Dari keluarga yang dulunya dipandang sebelah mata oleh lingkungan di mana mereka tinggal, kehidupan mereka pun dipulihkan. Mereka menjadi orang-orang yang mengenal Tuhan, bagian dari umat Allah. Sejak itu, kisah Rahab telah menjadi kenyataan dalam banyak keluarga. Seperti yang dialami oleh keluarga kepala penjara yang diinjili oleh Paulus dan Silas. Karena kepala penjara ini memutuskan untuk percaya Tuhan Yesus, firman pun dapat diberitakan ke dalam seisi rumahnya (Kis. 16:31-33).

Sadarilah, bahwa hal ini pun dapat terjadi dalam keluarga Anda. Tuhan bukan hanya rindu untuk menyelamatkan Anda seorang, tetapi juga setiap anggota keluarga Anda. Di sinilah peran Anda. Bangunlah hubungan pribadi yang kuat dengan Tuhan. Mulai beritakan firman. Jadilah terang dalam keluarga. Biarkan Tuhan bekerja melalui Anda. Keselamatan dan pemulihan pun akan terjadi dalam keluarga Anda. (MV.L)

RENUNGAN

Satu orang saja berkomitmen untuk membangun hubungan pribadi dengan Tuhan, bisa menjadi PINTU MASUK bagi hadirat Tuhan yang mendatangkan pemulihan dalam keluarga.

APLIKASI

  1. Bagaimanakah hubungan pribadi Anda dengan Tuhan selama ini?
  2. Menurut Anda, apakah sangkutpautnya antara hubungan pribadi Anda bersama Tuhan dengan pemulihan keluarga?
  3. Apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulihan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya, Tuhan, terima kasih karena Engkau telah mengingatkan kami bahwa Engkau dapat memulihkan keluarga kami melalui kami. Kami percaya pada janji-Mu ya, Bapa, bahwa ketika Engkau menyelamatkan satu orang, maka seisi rumahnya pun akan Engkau selamatkan. Bawa kami lebih dekat lagi pada-Mu dari hari ke hari. Agar kami pun beroleh hikmat dan pengertian untuk bertindak sesuai dengan tuntunan-Mu bagi keluarga kami.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Wahyu 6-11