Setia Sampai Akhir

BACAAN HARI INI
2 Timotius 2:1-13

RHEMA HARI INI
2 Timotius 2:12 jika kita bertekun, kitapun akan ikut memerintah dengan Dia; jika kita menyangkal Dia, Diapun akan menyangkal kita;

Sebuah lagu yang diciptakan oleh seorang anak Tuhan tentang kesetiaan mengatakan, “Yesus… ajarku tetap setia, mengiring Engkau sampai putih rambutku, bawaku jadi kepunyaan-MU yang berkenan di hati-MU…” Lagu ini begitu dihayati ketika dinyanyikan dan menjadi sebuah seruan dari anak-anak Tuhan supaya bisa tetap setia mengikut Tuhan sampai akhirnya. Sebab memang tidak mudah untuk sesorang bisa mengikut Tuhan terus sampai pada akhirnya. Ada harga yang harus dibayar, ada salib yang harus dipikul, ada ego yang harus disangkal setiap hari, supaya kita bisa menjadi anak Tuhan yang terus setia sampai pada akhirnya.

Namun kita masih bersyukur, dalam perjuangan kita supaya bisa setia sampai pada akhirnya itu, kebanyakan diantara kita belum sampai mencucurkan darah, seperti yang dialami oleh martir-martir berikut ini. Philipus, pada tahun 54 M dihukum cambuk dan dilemparkan ke dalam penjara serta kemudian disalibkan di Hierapolis di Phrygia. Matius, direbahkan di tanah dan dipancung kepalanya dengan halberd (senjata abad ke 15 atau ke-16 yang memiliki mata pisau seperti kapak dan ujung logam yang runcing pada ujung batangnya yang panjang) di kota Nadabah, Ethiopia, sekitar tahun 60 M. Yakobus, dihukum mati dengan dirajam batu pada tahun 66 M. Andreas, menjadi martir di Edessa dengan disalibkan pada kayu salib berbentuk X. Dan masih banyak lagi deretan martir-martir yang lain, yang harus mencucurkan darahnya, bahkan mengorbankan nyawanya demi kesetiaannya kepada Tuhan Yesus.

Tidaklah mudah memang untuk terus setia sampai akhir. Tetapi ketika pandangan kita terus kita tujukan kepada Tuhan, kepada mahkota di surga, maka kita akan diberi kekuatan ekstra untuk terus setia sampai akhir. Sehingga kita bisa turut memerintah bersama dengan Tuhan di Kerajaan 1000 tahun. Oleh sebab itu, mulai saat ini mari terus arahkan pandangan dan harapan kita hanya kepada Yesus, sumber kekuatan kita untuk terus setia sampai akhir.

RENUNGAN
Teruslah SETIA SAMPAI AKHIR, sehingga kita akan memerintah bersama dengan Yesus di Kerajaan 1000 tahun.

APLIKASI
Apa komitmen Anda agar tetap bisa setia sampai akhirnya nanti ?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami hanya mau mengasihiMu dan terus dekat padaMu agar kami mampu setia sampai akhir. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kejadian 25-26