Si 1 Talenta Yang Berhasil

RHEMA HARI INI
Matius 25:23   “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”

Aristoteles Onassis dilahirkan pada tanggal 20 Januari 1906 di Simyrna, sebuah kota Yunani yang makmur di pantai Barat Turki. Ia memiliki talenta memperbaiki kapal-kapal laut yang rusak dan membuatnya layak melaut, dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi. Akhir tahun 1922 merupakan keputusan besar bagi kehidupan Onassis. Kegagalan pertamanya sebagai pemilik kapal tidak membuat ia mundur untuk tetap menanamkan uang dalam sektor itu. Ia sudah terlanjur mencintai dunia perkapalan. Ia tergerak oleh keyakinan batin bahwa kapal sajalah yang akan membawa dia ke jenjang sukses. Maka, dikumpulkannya semua uang miliknya, yang waktu itu sudah lumayan, lalu berangkat ke London pada saat baru berusia 26 tahun. Akibat jatuhnya pasar modal Wall Street tahun 1929, memberikan kesempatan baik bagi para penanam modal. Kapal-kapal menjadi murah, jauh di bawah harga semula. Langkah paling baik adalah membeli kapal-kapal berusia 10 tahunan. Kapal sebesar sembilan ton yang semula harganya $1.000.000, kini hanya laku dijual $20.000. Walaupun kini bisnisnya di London,Onassis membeli kapal pertamanya, dua buah kapal tua masing-masing seharga $20.000, di Montreal. Untuk pertama kali dalam hidupnya ia akan mulai secara sistematis menerapkan prinsip yang dikenal sebagai OPM (Other People’s Money, Uang Orang Lain UOL), dengan meminjam modal kepada Metropolitan Life Insurance Company sebesar $40 juta untuk membangun kapal-kapal baru. Sebagai siasat ia menggunakan sebuah perusahaan minyak sebagai mitra. Onassis akan mengangkut minyak mereka dan kontraknya akan tetap berlaku sampai habisnya batas waktu utang. Karena perusahaan minyak pada waktu itu sangat besar, maka meminjam atas nama perusahaan itu sangat mudah. Jadilah seorang Onassis yang sangat berhasil yang menjadi motivasi sukses bagi banyak orang saat ini.

Dalam kisah diatas, Onassis memiliki talenta dalam perkapalan dan itu adalah talenta hebat yang bisa membawa keberhasilan. Jika Allah telah mempercayakan sesuatu kepada Anda, apakah itu satu mina atau satu talenta, apa yang akan Anda kerjakan dengan itu? Dihari Penghakiman nanti, apakah Anda akan berkata, “Yesus, aku berterima kasih kepada-Mu yang telah memberi hidup yang dari Engkau ini. Inilah hidup yang telah Kau berikan kepadaku – hidup itu masih utuh. Lihatlah, ini dia. Aku telah menyimpannya selama ini untuk-Mu.” Anda akan berada dalam masalah jika itu saja yang telah Anda lakukan. Setiap orang yang mengira bahwa dirinya akan selamat hanya karena telah menerima anugerah hidup yang kekal itu dan mengira bahwa hidup itu boleh dia simpan untuk dirinya sendiri, akan menghadapi kejutan besar. Ia memberi kita hidup ini dengan kepercayaan bahwa kita akan melayani Dia dengan hidup itu. Kita bertanggungjawab kepada-Nya atas apa yang kita perbuat dengan hidup itu. Kita harus melakukan sesuatu dengan kehidupan yang telah diberikan itu karena hidup itu diberikan bukan untuk sekadar disimpan. Ia harus dijalani. Sebaliknya, mulai sadarilah bahwa Tuhan punya rencana yang besar dalam hidup anda. Hendaklah anda menyadari bahwa 1 talenta yang Tuhan berikan itu adalah talenta yang hebat yang akan membawa Anda mengalami kemenangan dan lompatan yang besar. (ABU)

RENUNGAN
Ketika kita bisa melihat bahwa 1 talenta yang Tuhan berikan kepada kita adalah talenta yang LUAR BIASA, maka kita akan menjadi ‘Si 1 Talenta’ yang BERHASIL.

APLIKASI
1. Bagaimana cara pandang Anda terhadap talenta yang sudah Tuhan berikan ?

2. Dan hal apa saja yang Anda dapat atau rasakan dengan cara pandang Anda itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami bersyukur untuk setiap talenta yang Engkau berikan kepada kami, kami percaya itu talenta yang luarbiasa dan akan membuat hidup kami menjadi berhasil. Amin