Skala Iman Yang Besar Dalam Doa

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 29 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Yeremia 33:1-18

RHEMA HARI INI

Yeremia 33:3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Doa yang tak terjawab serta situasi yang semakin menghimpit kerap membuat kita ragu untuk menaikkan doa. Namun, saat kita tidak mengerti apa yang tengah terjadi dalam hidup kita, Tuhan mengundang kita untuk menghampiri takhta-Nya melalui doa. Dia ingin kita menyuarakan isi hati kita kepada-Nya. Hal ini jelas terlihat saat Yeremia terkurung setelah menubuatkan kejatuhan Yerusalem ke tangan raja Babel. Di tengah keterpurukannya, Tuhan tidak serta-merta menyampaikan penghiburan-Nya, tetapi Dia terlebih dahulu meminta agar Yeremia mencari-Nya. Bahkan, dalam perkataan yang difirmankan-Nya kepada Yeremia sewaktu itu, terkandung janji bahwa ketika ada yang berseru kepada-Nya, maka Dia akan menjawab. Bukan hanya menjawab, Dia bahkan juga akan menyingkapkan rencana-Nya yang tak terbatas.

Mungkin saat ini kita merasa seperti Yeremia. Berbagai permasalahan dan ketidakberdayaan kita sendiri seolah mengurung kita. Kita pun tak mampu melihat jalan keluar. Namun, meski situasi mengatakan bahwa hidup kita pasti hancur, teguhkanlah iman percaya kita. Ketika orang-orang di sekeliling kita melemahkan hati kita, berserulah semakin kencang memanggil-Nya. Teruslah berseru dan berdoa semakin berani meski tingkap-tingkap langit seakan tertutup bagi kita. Malah, berhentilah memohon hanya supaya Dia menolong kita keluar dari kesukaran kita. Mulailah meminta agar Dia memperlihatkan kehendak-Nya yang besar di balik setiap situasi hidup kita.

Inilah respons yang sedang Tuhan tunggu. Dia ingin melihat apakah kesulitan hidup membuat kita semakin menjauh dari-Nya atau justru kita akan mengambil satu langkah lebih berani lagi untuk mendekati-Nya. Apakah kita akan mulai mengandalkan kekuatan sendiri, atau justru semakin mempercayai dan menantikan campur tangan-Nya. Percayalah, Dia bukanlah Allah yang diam saja ketika anak-anak-Nya berseru kepada-Nya. Dia terlebih dari sanggup untuk mengatasi semua persoalan hidup kita. Di masa-masa yang terkelam, kita boleh menyakini bahwa Tuhan punya rencana yang akan membuat hidup kita bersinar cerah. (MV.L)

RENUNGAN

Berdoalah dengan SKALA IMAN YANG BESAR, bukan skala situasi kondisi yang terbatas, sebab TUHAN KITA BESAR DAN SANGGUP

APLIKASI

  1. Bagaimanakah cara Anda berdoa selama ini?
  2. Apa yang dimaksud dengan skala iman yang besar?
  3. Bagaimanakah Anda dapat memperbesar skala iman Anda dalam doa mulai sekarang?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan yang terkasih, kami percaya bahwa Engkau Tuhan yang terlebih besar dari segala permasalahan kami, dan Engkau sanggup mengatasi semuanya itu. Kami mau, ya Tuhan, belajar untuk mengembangkan skala iman kami. Tuntun kami, agar kami dapat berdoa seperti yang Engkau kehendaki. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 16
2 Tawarikh 17