Sukses Serta Bahagia

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
The Year of Victory #5 | Hari #5
Jumat, 5 Februari 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 25:1-22

RHEMA HARI INI

Mazmur 25:12 Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya. 13 Orang itu sendiri akan menetap dalam kebahagiaan dan anak cucunya akan mewarisi bumi.

Dalam film ‘Click’ yang dibintangi Adam Sandler, tokoh utamanya yang bernama Michael Newman, seorang ayah yang ambisius, mengucapkan kata-kata terakhirnya sebelum ia meninggal, “Family comes first…” Saking sibuknya Si Michael Newman ini mengejar kesuksesan, uang dan karir, ia sampai tidak sempat meluangkan waktu untuk anak dan istrinya. Bahkan tidak sempat menghadiri hari pemakaman ayahnya sendiri. Akibatnya, keluarganyapun berantakan, istrinya yang cantik menceraikannya, anaknya juga tidak lagi mengenal siapa ayahnya. “Sukses tidak melulu soal harta, rumah mewah, mobil sport, jam Rolex, pensiun muda, menjadi pengusaha, punya kolam renang, helikopter, punya istri cantik, atau resort mewah di Karibia…” demikian imbuhnya.

Sukses yang baik adalah sukses yang disertai dengan kebahagiaan. Tidak semua orang yang sukses itu bahagia. Kita bisa melihat tokoh film ‘Click’ Michael Newman ini. Ia mungkin dikatakan orang sebagai orang yang sukses, namun di dalam hidupnya ternyata tidak ada kebahagiaan.

Saat ini coba kita teliti hidup kita masing-masing. Mungkin secara dunia kita dilihat sebagai orang yang sukses, namun apakah kesuksesan Anda disertai dengan kebahagiaan? Anda sukses namun keluarga Anda hancur, Anda sukses namun kesehatan Anda terancam bahaya, Anda sukses namun diri Anda dibenci banyak orang, dan seterusnya. Itu namanya Anda belum sukses. Sebab sukses yang baik adalah sukses yang disertai dengan kebahagiaan.

Bagaimana kita bisa mengalami sukses yang disertai dengan kebahagiaan? Milikilah prioritas yang benar dalam hidup Anda. Ingat, prioritas yang pertama haruslah Tuhan: jangan lupa untuk konsisten membangun hubungan pribadi dengan Tuhan dan mendasarkan segala sesuatu yang Anda kerjakan pada Firman Tuhan. Prioritas yang kedua adalah keluarga: orang yang memprioritaskan Tuhan pasti akan membangun keluarganya dengan baik. Prioritas ketiga adalah pekerjaan dan pelayanan, dan prioritas yang ketiga adalah kesehatan. Kalau kita sudah bisa menempatkan prioritas ini dengan benar, sesuai dengan urutannya, maka pastilah kesuksesan serta kebahagiaan akan menjadi milik kita.

RENUNGAN

Sukses yang baik adalah sukses yang disertai KEBAHAGIAAN.

APLIKASI

Bagaimana Anda akan berjuang meraih kesuksesan sekaligus kebahagiaan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami tidak hanya ingin sukses secara duniawi namun kami ingin sukses disertai rasa bahagia sesuai dengan yang Engkau kehendaki. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 20-21